Home / News / sport

Rabu, 3 Maret 2021 - 20:28 WIB

Indra Sjafri: Piala Menpora Penting Untuk Belajar Soal Protokol Kesehatan

Indra Sjafri: Piala Menpora Penting Untuk Belajar Soal Protokol Kesehatan

Indra Sjafri: Piala Menpora Penting Untuk Belajar Soal Protokol Kesehatan

makobar.com – Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan bahwa kompetisi sepak bola harus segera bergulir. Meski saat ini Indonesia masih dalam pandemi Covid-19, masyarakat Indonesia membutuhkan hiburan dan juga kehidupan untuk pelaku yang bergerak di bidang sepak bola.

Hal ini menanggapi pernyataan dari Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane yang mengatakan bahwa ajang pra musim Piala Menpora seharusnya tidak digelar. Neta khawatir ajang Piala Menpora 2021 menjadi klaster baru Covid-19. Padahal dalam liga dunia manapun tidak pernah ada klaster di sepak bola. Yang ada ialah beberapa pemain terkena covid-19 karena aktivitas mereka di luar lapangan. Sebab, siapapun yang bertanding dan memasuki area lapangan sudah menjalani tes swab PCR.

“Sepak bola Indonesia harus tetap berjalan. Hari ini diawali dengan laga uji coba timnas Indonesia denga Tira Persikabo. Laga tersebut kami pastikan berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat,” kata Indra Sjafri.

“Turnamen Piala Menpora 2021 dan kompetisi Liga 1,2, juga akan berjalan. Karena dengan adanya kompetisi pembinaan akan terjadi dan muaranya ke timnas Indonesia. Selain itu, banyak orang yang menggantungkan rezeki di sektor sepak bola seperti pemain, pelatih panpel, dan lain-lain,” tambahnya.

Baca Juga  Vizcarra : Pemain Muda Persib Punya Potensi di Piala Menpora

Menurut Indra Sjafri, jika Piala Menpora dan Liga 1 dan 2 tidak bergulir, pemain, pelatih, wasit, dan ofisial tim akan kehilangan pendapatan. Bahkan pemain dan pelatih juga akan kehilangan sentuhan teknis. “Ini lebih buruk pengaruhnya daripada ketika diberi sanksi oleh FIFA pada 2015. Padahal saat itu PSSI bisa membuat turnamen Piala Bhayangkara, Piala Presiden, dan Piala Sudirman. Tetapi, itu tidak cukup. Itu sebabnya kompetisi harus berjalan.”

Pengamat Sepakbola Kesit Budi Handoyo juga tidak setuju dengan IPW. Baginya sepakbola harus mulai berjalan karena sudah terlalu lama istirahat. “Terlalu lama juga tidak bagus buat pemain, wasit, klub, dan penggemar sepakbola. Betul saat ini masih ada pandemi Covid-19. Tetapi, liga di Eropa juga jalan. Yang penting itu protokol kesehatan dijalankan dengan ketat dan tanpa penonton. Itu juga yang akan dilakukan di Piala Menpora nanti. Jadi tidak masalah,” ujar Kesit.

Baca Juga  Petugas BKSDA Sumut Dilempari Preman, Ketika Hendak Melakukan Penyitaan Anak Orang Utan

Kesit juga meminta PSSI menjalankan saja Piala Menpora dan nantinya Liga 1 dan 2 sesuai protokol kesehatan. “Abaikan saja soal kritik itu. Biasa lah orang mengkritik itu. Gak ada masalah.”

Staf Khusus Ketua Umum PSSI, Arief Wicaksono bahkan menyebut pernyataan Ketua Presidium IPW Neta S Pane sangat tendensius. IPW yang seharusnya mengurusi hal lain justru mengurusi sepak bola. “Provokasi Neta S Pane sangat tendensius untuk Piala Menpora ini. Program Menpora itu untuk menghidupkan cabang olahraga di tengah pandemi covid- 19. PSSI dan PT LIB pasti akan menjalankan kompetisi dengan protokol kesehatan yang ketat dan tanpa penonton,” ujar Arief.

Menurut Arief dengan digelarnya turnamen ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat baik secara makro maupun mikro . “Apa kompetensi Neta Pane menghembuskan berita yang bersifat provokatif. Seperti kurang kerjaan saja,” imbuh Arief.
(mc/an)

 

Share :

Baca Juga

LIngkungan

KOPASUDE Lakukan Penanaman dan Perawatan Pohon di Hutan Kota
Pemprov Sumut Bahas Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19

News

Pemprov Sumut Bahas Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19
Fitur yang berguna memblokir pengguna lain agar tidak dapat mengundang Anda kedalam grup

Entertainment

Ini Caranya Cegah Orang Asing Undang Anda Ke Grup WhatsApp
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers 100 hari kinerja Kapolri, di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan

News

Ribuan Kasus Diselesaikan dengan Restoratif Justice pada 100 Hari Kerja Kapolri

Entertainment

Drakor Hospital Playlist 2 Ratingnya Melorot

Ekonomi

Jadwal Pemblokiran Kartu ATM Lama BRI hingga BCA

News

Wali Kota Medan Tinjau Persiapan Akhir Pelaksanaan Vaksinasi Drive Thru
Wapres Ingatkan Kapolri Jenderal Listyo Jangan Sampai Gagal Selasa

News

Wapres Ingatkan Kapolri Jenderal Listyo Jangan Sampai Gagal