Medan, makobar.com – Menjelang perayaan Imlek 2571, pihak kepolisian mulai melakukan peningkatan pengamanan disejumlah titik di Kota Medan.

Selain itu, polisi juga mendirikan sejumlah pos pengamanan di sejumlah Vihara, salah satunya di Vihara Borobudor, Jalan Iman Bonjol, Medan.

Humas Polrestabes Medan Kompol Edward Saragih mengatakan, sebanyak 728 pasukan gabungan dilibatkan dalam pengamanan ini.

Yakni yang berasal dari personel kepolisian dan TNI serta dibantu personel dari Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kota Medan.

“Sebanyak 728 orang dari gabungan termasuk TNI, Polri, Dishub, Sat Pol PP dan OKP. Objek lokasi klenteng/vihara yang di inti kota, seperti Jalan Irian, di Komplek Cemara, dan di Jalan Asia,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (23/1/2020).

Sementara itu, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir meminta personilnya untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan menjalankan ibadah.

“Saudara-saudara kita yang merayakan perayaan imlek agar merasa aman, nyaman dengan adanya penjagaan dari kita semua. Terkait ini nanti saya minta tolong, pengamanan untuk memantau sekitar lokasi. pintu masuk, pintu keluar dan area parkir,” ujarnya.

Terpisah, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengatakan, dalam pengamanan imlek ini lebih difokuskan pada jajaran Polres di masing-masing daerah.

Polda Sumut sendiri kata dia, tidak sampai menurunkan personel kata pengaman imlek tidak dilakukan dalam skala besar seperti Idul Fitri maupun Natal.

“Untuk pengamanan Imlek dilakukan oleh Polres jajaran,” tandasnya. (mc/roe)