Ibu Negara Ny. Iriana dan Ketua PKK Sumut Kunjungi PAUD Tobasa

Berita Tobasa – Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo mengawali kunjungannya ke Sumatera Utara (Sumut) dengan mendatangi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Toba Lestari, Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Selasa (17/4/2018).

Iriana bersama rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja yang terdiri dari istri para menteri itu langsung disambut teriakan oleh pelajar PAUD. Iriana disambut dan didampingi Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Nurhajizah Marpaung bersama Ketua TP PKK Provsu Hj Evi Diana Erry Nuradi.

Iriana yang mengenakan busana blus putih dan selendang ulos itu menyalami anak-anak. Dia pun membagikan buku tulis dan tas ransel kepada para pelajar.

Suasana semakin meriah saat Iriana diajak menyanyikan lagu batak berjudul Moli Huingoti Sude yang berarti Kalau Ku Ingat Semua. Meski tampak tidak terlalu hapal, Iriana coba untuk mengikuti alunan lagu.

Lagu berbahasa Batak Toba itu menceritakan kisah seorang ibu yang mendidik anaknya sejak lahir, menyusui hingga anaknya sekolah. Lagu itu dinyanyikan untuk mengingatkan anak kepada orang tuanya. “Itu memang lagu anak PAUD di sini. Sering dinyanyikan. Supaya makin sayang sama orang tua. Lagunya sedih kalau diresapi,” kata seorang undangan Nurlinda Boru Simanjuntak.

Setelah menyapa seluruh murid PAUD, Iriana kemudian diajak menari tortor. Iriana yang didampingi Ketua TP PKK Hj Evi Diana Erry Nuradi tampak lues menari tortor. Wajah ceria langsung terpancar dari wajah anak-anak.

Selain bantuan buku dan tas, OASE juga menyerahkan bantuan Alat Permainan Edukatif (APE) untuk PAUD tersebut. Setelah menyerahkan bantuan, rombongan kemudian kembali melanjutkan perjalanan. Iring-iringan rombongan sempat terhenti beberapa saat. Ternyata Iriana membagikan buku kepada murid-murid sekolah dasar yang sudah berbaris untuk menyambutnya.

Sebelumnya, di PAUD Toba Lestari, Ketua TP PKK Hj Evi Diana Erry Nuradi mengajak kepada seluruh Bunda PAUD kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara untuk lebih peduli terhadap pendidikan anak usia dini.

“Pendidikan anak usia dini itu sangat penting karena pada usia dini tersebut merupakan dasar tumbuh kembangnya seorang anak. Baik atau tidaknya seorang anak ditentukan dari usia dini,” ujarnya.

Evi pada kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Iriana beserta rombongan OASE Kabinet Kerja. “Apa yang dilakukan hari ini akan memotivasi bagi seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara untuk lebih banyak berbuat demi semua anak di Sumut dapat mengecap pendidikan dan tumbuh kembang menjadi anak yang berkarakter,” kata Evi.

Wagubsu Nurhajizah Marpaung juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan Ibu Negara yang telah memberi semangat kepada anak-anak, baik usia dini, SMA maupun kepada ibu-ibu PAUD tentang pentingnya pendidikan anak usia dini dan juga bahaya narkoba.

“Kalau bisa kunjungan seperti ini lebih sering di Sumut. Bukan hanya Ibu Negara tetapi juga Bapak Presiden untuk negara kita yang lebih baik dan dibangun dengan cepat tepat dan benar khususnya Sumatera Utara,” ujarnya.

Selanjutnya Ibu Negara dan rombongan didamping Ibu Wagubsu dan Ketua TP PKK Provsu meninjau puskemas Laguboti, mengadiri acara penyuluhan tentang bahaya narkoba dan pornogafi di IT Dell dan diakhiri di SMK 1 Balige.

Iriana Joko Widodo dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Silangit, Tapanuli Utara (Taput), Selasa (17/4). Direncanakan keesokan harinya (Rabu, 18/4) akan menghadiri kegiatan tanam pohon di Caldera Park Toba. “Setelah kegiatan tanam pohon Ibu Jokowi langsung kembali ke Jakarta melalui Bandara Silangit,” ujar Wagubsu Nurhajizah Marpaung.