Home / Entertainment / News / Tekno

Selasa, 9 Maret 2021 - 00:10 WIB

Hidupkan Kembali Memori Indah di Masa Lalu dengan Fitur Deep Nostalgia Pada Aplikasi My Heritage

aplikasi my heritage (foto: My Guardian)

aplikasi my heritage (foto: My Guardian)

makobar.com – Masa lalu merupakan sebuah momen yang tidak bisa kita ulangi lagi. Mengenangnya merupakan cara terbaik agar peristiwa indah di masa lalu dapat tumbuh segar di dalam ingatan kita. Momen kebersamaan dengan orang yang kita sayangi namun mereka sudah tiada seperti ayah, ibu, paman hingga sahabat selalu menjadi bingkai indah yang selalu melintas dan tertanam di dalam memory fikiran.

Sebahagian momen itu terekam melalui album foto lawas yang mungkin sudah usang dan pudar. Namun, ada sebuah fitur dengan dukungan Artificial Intelligence (AI) yang disematkan di aplikasi My Heritage. Fitur ini bernama Deep Nostalgia yang mampu menghidupkan dan menggerakkan wajah seseorang yang ada di sebuah foto lawas hingga patung menjadi berbicara atau tersenyum. Tentu seru bukan?

Melansir tribunnews.com. Penggunaan My Heritage dengan fitur Deep Nostalgia memang sedang populer saat ini. Para penggunanya kerap membagikan foto animasi itu ke aplikasi seperti TikTok, Instagram, Facebook hingga Twitter.

Foto-foto lawas tokoh dunia pun sering dianimasikan dalam My Heritage. Salah satunya foto.penemu induksi elektromagnetik Michael Faraday hingga penemu radioaktivitas Marie Curie dianimasikan menggunakan fitur ini.

Berikut sejumlah postingan foto yang dirangkum makobar.com yang dibagikan pengguna twitter:

Hingga kini, video tersebut sudah ditonton sebanyak lebih dari 30.100 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

My Heritage menggunakan AI berlisensi dari D-ID untuk menciptakan efek bergerak pada sebuah foto yang diunggah penggunanya. Sekilas fitur Deep Nostalgia mirip seperti fitur iOS Live Photos, yang menggabungkan beberapa detik video untuk membantu fotografer smartphone menemukan jepretan terbaiknya. Namun, perbedaan Deep Nostalgia adalah dapat mengambil foto dari kamera atau penyimpanan desktop untuk kemudian diunggah dan membuatnya seolah-olah ‘hidup’.

Baca Juga  IHSG Menguat 0,28% Selama Sepekan

Meski mempunyai fitur canggih, Deep Nostalgia juga memiliki keterbatasan dalam menganimasikan sebuah objek. Fitur itu hanya dapat menangani satu foto kepala dan hanya dapat menganimasikan wajah. Deep Nostalgia tidak bisa menghidupkan kembali foto seluruh tubuh seseorang di dalam sebuah objek agar terlihat seperti sedang berjalan.

Selain wajah manusia, pengguna juga dapat mengunggah foto wajah sebuah patung agar menjadi bergerak. Lima foto bisa pengguna unggah secara gratis ke website MyHeritage untuk menikmati fitur Deep Nostalgia. Setelah itu, pengguna harus mendaftar di akun berbayar atau mengunduhnya di smartphone.

Melansir laman resmi MyHeritage.com, pihak aplikasi mengaku mengintegrasikan teknologi deep learning untuk menganimasikan wajah pada foto bersejarah dan membuat rekaman video yang realistis dan memiliki resolusi tinggi.

Fitur Deep Nostalgia sendiri menggunakan beberapa driver yang disiapkan oleh My Heritage. Setiap driver penyimpanan adalah video yang terdiri dari urutan gerakan dan isyarat yang tetap.

Baca Juga  2 Lingkungan di Medan Diisolasi, Bobby Nasution Jamin Makan dan Vitamin Warga

Deep Nostalgia diklaim dapat melakukan pendeteksian sangat akurat menerapkan driver ke wajah di foto yang diunggah pengguna, membuat video pendek yang dapat dibagikan dengan orang lain. Hak itu karena fitur ini mempunyai pendeteksian pada objek hingga miliaran piksel.

“Driver memandu gerakan dalam animasi sehingga Anda dapat melihat leluhur Anda tersenyum, berkedip, dan menoleh. Ini benar-benar menghidupkan foto Anda!,” kata MyHeritage.

My Heritage menggabungkan fitur Deep Nostalgia dengan MyHeritage Photo Enhancer untuk menjadikan foto buram dan beresolusi rendah menjadi fokus dengan meningkatkan resolusinya dan mempertajam wajah yang muncul di dalamnya.

Nah, buat Anda yang mau menggunakan fitur Deep Nostalgia di aplikasi My Heritage bisa mengikuti cara di bawah ini:

1. Buka situs My Heritage > masuk dengan akun Facebook, Google, atau Email untuk uji coba fitur secara gratis
2. Buka Animate photos
3. Ketuk Upload photo, lalu pilih foto yang ada di Anda ingingkan dari galeri ponsel atau folder foto yang ada di laptop atau pc.
4. Tunggu beberapa saat hingga AI pada fitur selesai membuat wajah pada foto yang Anda unggah menjadi bergerak.
5. Ketuk Download video jika Anda ingin menyimpannya. Anda juga bisa membagikan foto iti ke Facebook, Twitter, dan media sosial lain.

(mc/yud)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Pergerakan IHSG Cenderung Berfluktuasi

News

Jurnalis Medan Kembali Demo Walikota Medan Tuntut Untuk Minta Maaf
Persib Rencanakan Ujicoba Melawan Tim PON Jabar

News

Persib Rencanakan Ujicoba Melawan Tim PON Jabar
Chord Gitar dan Lirik Lagu Hitam Putih Milik Fourtwnty

Chord gitar

Chord gitar fourtwnty Aku Tenang
Aksi Cepat Tanggap Kecamatan Medan Marelan Bersikan Sampah di Sungai Badera

News

Aksi Cepat Tanggap Kecamatan Medan Marelan Bersikan Sampah di Sungai Badera
Kurs Rupiah Dipengaruhi Sentimen Eksternal

Ekonomi

Kurs Rupiah Bakal Melemah di Awal Pekan

News

Kapolda Sumut Maksimalkan Tim SAR Cari Korban di Tapsel
Pilot Israel Mundur dari Militer Saat Saksikan Anak-Anak Palestina Terbunuh

Internasional

Pilot Israel Mundur dari Militer Saat Saksikan Anak-Anak Palestina Terbunuh