Home / Health / News

Rabu, 17 Maret 2021 - 18:32 WIB

Hari Perawat Nasional Moment Pemberian Apresiasi Tertinggi Sebagai Garda Terdepan

Hari Perawat Nasional Moment Pemberian Apresiasi Tertinggi Sebagai Garda Terdepan

Hari Perawat Nasional Moment Pemberian Apresiasi Tertinggi Sebagai Garda Terdepan

makobar.com – Perawat merupakan perangkat medis yang sangat memiliki peranbesar di masa pandemi ini. Perawat ibarat pasukan garda terdepan dalam memerangi virus corona karena mereka lah yang memiliki resiko terbesar terpapar. Hari Perawat Nasional yang jatuh pada hari ini Rabu (17/3/2021) merupakan momentum untuk memberikan apresiasi tertinggi kepada mereka.

Organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) melaporkan 274 perawat meninggal dunia terpapar COVID-19. Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhillah mengatakan pandemi COVID-19 adalah pengingat dari peran vital perawat bagi dunia kesehatan.

WHO menghimbau pemerintah di seluruh dunia untuk memastikan keselamatan dan kesehatan kerja perawat serta semua petugas kesehatan. Termasuk memastikan akses tanpa hambatan ke APD. Perawat dan semua petugas kesehatan harus diberikan fasilitas kesehatan mental, pembayaran tepat waktu, cuti sakit, dan asuransi.

WHO turut mengarahkan pemerintah negara-negara dunia agar perawat diberikan akses ke pengetahuan dan panduan terbaru yang diperlukan untuk menanggapi semua kebutuhan kesehatan, termasuk wabah. Mereka juga perlu diberi dukungan keuangan dan sumber daya lain yang diperlukan untuk membantu merespons dan mengendalikan COVID-19 dan jika ada wabah di masa depan.

Baca Juga  Polda Jabar Dalami Asal Usul Sabu di Pesta Narkoba Kompol Yuni

Harif menyebut perawat menjadi sosok yang paling dekat dan selalu berada di dekat pasien. Tanpa perawat dan petugas kesehatan lainnya, korban dari pandemi bisa lebih besar.

“Dalam tugas dan fungsinya, perawat memiliki peran penting dalam upaya kuratif dan rehabilitatif. Hal ini berdasar pada Undang-undang No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan,” ulas Harif dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3/2021)

Selain berperan dalam penyembuhan pasien, perawat juga memiliki fungsi preventif dan promotif. Berdasarkan Undang-undang No. 38 Tahun 2014, urai Harif, keperawatan berperan sangat penting di dalam pembangunan kesehatan masyarakat dalam bentuk asuhan keperawatan kesehatan masyarakat.

“Salah satunya membantu case finding atau penemuan kasus yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat. Dalam konteks pandemi, perawat juga berperan dalam proses 3T,” imbuh Harif.

Baca Juga  17 Kelompok Tani Hutan Konservasi Teken Perjanjian Kerja Sama dengan BBTNGL

Saat ini, Indonesia memiliki lebih dari satu juta perawat, jumlahnya paling banyak dibandingkan tenaga kesehatan lainnya. Para perawat tersebar dari Sabang sampai Merauke. Harif menekankan perawat Indonesia memiliki kualitas yang mumpuni.

“Jepang merupakan salah satu negara yang mengimpor perawat Indonesia. Bukti kualitas perawat nasional di kancah global,” cetus Harif.

Ia menyampaikan selama beberapa tahun belakangan PPNI juga terus mengadvokasi terkait standarisasi, peningkatan kompetensi, dan kesejahteraan profesi perawat. Hal itu direalisasikan dengan mendorong adanya revitalisasi fungsi perawat di Puskesmas dan adanya Perawat Desa.

“Dengan perawat yang kompeten, berkualitas, dan sejahtera maka fungsi preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat bisa semakin maksimal,” ujar Harif. seperti yang dilansir lewat detik.

(mc/yud)

Share :

Baca Juga

News

BPODT Harus Tegas Untuk Percepat Pembangunan Pariwisata di Danau Toba
Dua unit motor gede jenis Harley Davidson ditangkap petugas Satlantas Polrestabes Medan, Jumat (1/1/202). Foto salah satu moge yang ditangkap/iNews TV/Adi PH

News

Harley Davidson Bodong Ditangkap Di Medan

News

Sampaikan LKPj 2020 ke DPRD Sumut Gubernur Edy Rahmayadi Sebut Tiga Sektor Berbasis Desa Menjadi Unggulan

Ekonomi

Permodalan Nusantara Madani
Cimory Yogurt Squeeze, Pertama di Indonesia Dalam Bentuk Pouch yang Praktis

News

Cimory Yogurt Squeeze, Pertama di Indonesia Dalam Bentuk Pouch yang Praktis
Xiaomi luncurkan mi 11

News

Mi 11 Launching 5 Menit Ludes 350 Unit
Program 'Jumat Barokah' Kapolsek Patumbak Terus Berjalan

News

Program ‘Jumat Barokah’ Kapolsek Patumbak Terus Berjalan
Kabareskrim Harap Netizen yang Ditegur Polisi Virtual Langsung Hapus Konten, Bukan Berdebat

Hukum

Kabareskrim Harap Netizen yang Ditegur Polisi Virtual Langsung Hapus Konten, Bukan Berdebat