Gubernur Sumatera Utara, Tengku erry Nuradi, hadiri peringatan hari jadi Kabupaten Tobasa ke-19.
Gubernur Sumatera Utara, Tengku erry Nuradi, hadiri peringatan hari jadi Kabupaten Tobasa ke-19.

Berita Tobasa – Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, menghadiri peringatan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) di Balige.

Gubsu mengajak masyarakat Tobasa untuk melihat bersama mana yang belum dan yang sudah baik di dalam pembangunan daerah ini.

“Jika sudah baik hendaknya dipertahankan, tetapi jika belum, lebih ditingkatkan lagi. Pemerintahan itu berkesinambungan dan berkelanjutan, tentu apa yang telah dilakukan harus dilanjutkan ke tingkat yang lebih baik lagi,” kata Erry Nuradi, dalam sambutannya, ditulis pada Minggu(11/3/2018).

Erry dalam sambutannya juga mengatakan, setiap peringatan hari jadi merupakan ungkapan rasa syukur dari kedinamisan pembangunan yang telah ada.

Juga sebagai pemberian penghargaan yang tinggi kepada seluruh pejuang, yang telah memberikan kontribusinya dalam pembangunan.

Baca Juga : Inilah Curhatan Guru Honorer Labusel Tentang Perjuangannya Ke Sihar

Menurut Gubsu Erry, ada tiga hal yang harus dilakukan dalam rangka memperingati hari jadi.

Pertama, retrospektif, artinya mengingat masa lalu, karena masa lalu sebagai mata rantai sejarah dan pondasi menapaki masa kini dan masa datang.

Kedua, introspektif, yakni mawas diri agar setiap estafet perjalanan kehidupan harus mampu menjawab persoalaan yang kekinian dengan responsif.

“Terakhir, prospektif, artinya kita melihat masa depan melalui desain maupun formula masa depan dengan berbagai dinamika tanpa membuang nilai-nilai masa lalu,” terang Erry.

Saat ini di Kabupaten Tobasa, pemerintah telah memberikan lahan kepada Badan Otorita Danau Toba seluas 386,5 hektare untuk pengembangan kawasan Danau Toba yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai Monaco-nya Asia di Sumut.

Diharapkan, dengan ada kerja sama antara stakeholder dengan semua elemen masyarakat, agar kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

Bupati Tobasa, Darwin Siagian mengatakan dalam sambutannya mengatakan, sebagai masyarakat Tobasa sudah sepantasnya bersyukur, karena sudah mencapai usia 19 tahun.

Diharapkan terus adanya kerja sama dan peran serta semua elemen masyarakat untuk pembangunan di segala bidang, sehingga dapat lebih mensejahterakan masyarakat.

“Saya dan Wabup menghimbau bila ada ide, masukan dan kritik yang membangun hendaknya menyampaikan dengan santun agar kita bisa bersama-sama mewujudkan cita-cita kabupaten kita tercinta ini,” ujar Bupati Tobasa. (mc/min)