Berita Medan – Program Studi Magister Ilmu Pangan (IPN) Fakultas Pertanian USU menerima kunjungan Tim Universitas Graha Nusantara (UGN) Padangsidempuan yang diwakili Dekan Fakultas Pertanian UGN, Ir Sultan Pulungan, M Si, didampingi Wakil Dekan 2, Parmanoan Harahap, S Hut, MP, Ketua Program Studi Agribisnis,Timbul Rasoki, SP, M Si dan staf Pengajar Peternakan, Rikardo Silaban, S Pt, M Si.

Kedatangan rombongan UGN Padangsidempuan disambut baik oleh Kepala Program Studi Magister Ilmu Pangan Fakultas Pertanian USU, Dr Ir Hotnida Sinaga, M Phil. Kunjungan ini merupakan kunjungan kedua kalinya ke Program Studi Magister Ilmu Pangan Fakultas Pertanian USU, setelah yang pertama di tanggal 27 Agustus 2018.

Kedatangan para akademisi FP UGN bertujuan untuk menjalin kerjasama antar institusi, terutama dengan Program Studi Magister Ilmu Pangan Fakultas Pertanian USU. Dekan FP UGN, Ir. Sultan Pulungan, MSi, dalam pemaparannya mengatakan bahwa Fakultas Pertanian UGN akan membuka beberapa program studi baru, salah satunya adalah Program Studi Teknologi Hasil Pertanian untuk jenjang Strata 1. Pembukaan Prodi baru ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam bidang teknologi pertanian.

Berdasarkan persyaratan dan prosedur pembukaan program studi pada perguruan tinggi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, prodi baru perlu memiliki database dengan jumlah dosen minimal 6 (enam) orang dan kualifikasi paling rendah berijazah magister atau magister terapan. Terkait hal itu dekan UGN meminta kesediaan para alumni Magister Ilmu Pangan untuk mendaftar sebagai staf pengajar dalam program studi tersebut.

Prodi Teknologi Hasil Pertanian direncanakan akan menerima mahasiswa baru mulai tahun akademik semester ganjil 2019/2020.

Dalam pertemuan tersebut Wakil Dekan 2, Parmanoan Harajap, S Hut, MP, turut memaparkan profil Prodi yang ada di FP UGN antara lain Prodi Agribisnis, Peternakan, dan Agroteknologi. Dilanjutkan lebih jauh oleh Kepala Prodi Agribisnis, Timbul Rasoki, SP, Msi yang menerangkan kurikulum yang diterapkan di FP UGN, yakni kurikulum 2013.

Dalam kurikulum tersebut terdapat 3 komponen utama pembagian mata kuliah yang didasarkan pada unit pengelola mata kuliah tersebut, di antaranya Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang dikelola universitas, Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) yang dikelola fakultas, dan Mata Kuliah Keahlian Khusus (MKK) yang dikelola oleh program studi. Masa studi direncanakan selama 7 semester (3,5 tahun).

Dalam sambutannya, Kepala Prodi Magister IPN USU, Dr Ir Hotnida Sinaga, M Phil, mengharapkan agar kerjasama yang baik di antara kedua universitas terus berlanjut, bukan hanya dalam bidang pendidikan pengajaran, tetapi juga dalam bentuk penelitian dan pengabdian masyarakat.

Diharapkan juga kehadiran prodi baru akan lebih meningkatkan hasil produk pertanian dan juga mengembangkan pangan lokal daerah Tapanuli Selatan, termasuk salak dan nira.

Pertemuan kedua ini berlangsung selama 2,5 jam dan dihadiri oleh beberapa dosen Fakultas Pertanian USU, di antaranya Karina Nola Sinamo, S.T.P, M Si (ITP-USU), Sawitania Situmorang, SP, M Si, serta mahasiswa aktif Magister Ilmu Pangan USU, Edy Syahputra Harahap, STP (2016) dan Fathia Rahmadini, STP.