Entertainment, makobar.com – Film Naga Bonar Reborn akan segera tayang di layar bioskop-bioskop di Indonesia pada 21 November 2019 mendatang. Namun, penayangan perdana secara ekslusif digelar di Kota Medan pada Minggu (17/11/2019) di Bioskop Centre Point XXI, Jalan Jawa Nomor 8, Kecamatan Medan Timur.

Hal itu terungkap saat konfrensi pers di Alam Hotel by Cordela Jalan Arief Rahman Hakim Nomor 169, Medan bersama para produser, sutradara dan para pemeran.

Dalam kesempatannya, Produser Eksekutif Gempita Tjipta Perkasa Trimedya Panjaitan mengatakan, pemilihan kota untuk penayangan perdana (ekslusif) Nagabonar Reborn bukanlah asal. Ini berkaitan dengan lokasi syuting yang dilakukan di beberapa daerah di Sumatera Utara (Sumut). Selain itu, tiga produser film itu merupakan penduduk asal Sumut, juga para pemeran di film itu berasal dari Medan. Sebab itulah, para produser menyepakati memilih Ibu Kota Sumut, Medan sebagai kota penayangan perdana Naga Bonar Reborn.

“Insya Allah semua lancar nanti preview perdana Film Naga Bonar Reborn. Sengaja kami pilih di Medan, karena Medan adalah kota kelahiran para produser. Dari empat orang produsernya, tiga dari Sumatera Utara, jadi kita sepakat di Medan untuk preview perdana. Apalagi September 18, kita juga mengadakan casting. Open castingnya itu tiga hari. Jadi selain artis-artis ibu kota, kita juga mengajak kawan-kawan artis kita yang di Medan,” katanya.

Proses syuting Naga Bonar Reborn ini memakan waktu yang lumayan lama, bahkan sempat kekurangan scene sehingga mengharuskan untuk melanjutkan syuting di Sukabumi, 12 hari lamanya.

“Syuting pertama kita di Humbang Hasundutan (Humbahas), kemudian di Simalungun. Saya kira semua sudah selesai. Ternyata sutradara kita, bang Dedi Setiadi ini adalah orang yang ‘perfectionist’, jadi nambah lagi di Sukabumi selama 12 hari,” ungkap Trimedya sembari menyebutkan jika film ini bisa menembus 1,5 juta penonton, yang beragama muslim akan diberangkatkan umroh, yang beragama Kristen akan diberangkatkan ke Yerusalem.

Senada dengan Trimedya, aktor Gusti Randa yakin film Naga Bonar Reborn bakal tembus 1 juta penonton. Dia yakin, film ini bakal menjadi film yang sangat menghibur dan bermutu.

“Masyarakat Humbang Hasundutan juga terlibat di sana, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih. Semoga film ini laku dan bermutu. Target kita sih, minimal dari Medan, 1 juta penonton bisa kita dapatkan,” ucapnya optimis.

Lebih lanjut, pemeran film Sitinurbaya sekaligus Plt Ketua Umum PSSI itu menyebutkan, Naga Bonar Reborn bukan film yang dibuat untuk memperbarui atau mengulas ulang film Naga Bonar sebelumnya yang diperankan oleh Dedy Mizwar. Akan tetapi film ini ditulis kembali, menceritakan awal mula perjalanan hidup Jenderal Naga dari masa kanak-kanak, perjalanan cinta hingga perjuangan-perjuangannya melawan penjajahan Belanda dan Jepang.

“Ini film bukan ‘Remakae’, tapi film ini lebih komplit, menceritakan kisah awal Naga Bonar. Jadi film ini lebih lengkap dari sebelumnya, sebab menceritakan tentang kisah cinta, perjuangan dan perlawanan, anak-anak,” jelas Gusti.

Hal itu juga ditegaskan oleh Sutradara Dedi Setiadi, jika menggunakan judul ‘Naga Bonar 3’ malah menyambung film sebelumnya. Film ini menceritakan latar belakang Jenderal Naga lebih lengkap ketimbang film sebelumnya, sebab Naga Bonar Reborn mengisahkan ayah dari Jenderal Naga dan detik-detik kelahirannya meski dalam adegan yang cukup singkat.

“Jadi kenapa kita pakai nama ‘Naga Bonar Reborn’ tidak ‘Naga Bonar 3’, itu karena film ini bukan melanjutkan film-film sebelumnya. Dan juga di film kali ini, kita juga menghadirkan kehadiran bapaknya Naga Bonar,” tegas Dedi seraya mengatakan kalau mencapai 1 juta penonton, pihaknya akan membuka kembali casting pencarian bakat aktor di Medan.

Selanjutnya, aktor kawakan, Roy Marten menjelaskan mengenai perannya di film itu. Tampil bugar dan penuh canda, ayah dari pemeran utama film itu, Gading Marten, menyebut dirinya berperan sebagai ayah dari Jenderal Naga.

“Saya di sini berperan menjadi bapaknya Naga Bonar yang kebetulan diperankan oleh Gading. Jadi saya jadi bapaknya Gading. Tapi sayangnya, saya main hanya dua scene, itupun dipotong. Untung honor saya sudah dibayar,” ucap Roy sembari tertawa lebar.

Dalam acara itu turut hadir para pemeran di Film Naga Bonar Reborn, yakni Roy Marten, Elly Sugigi, Rifky Al Habsyi, Delano Daniel, Robby Teremonty, Deni Abal, Permana, Rita Matumona dan Farhan. (mc/bit)