DPRD Pakpak Bharat Sampaikan Hasil Reses I 2018

Berita Pakpak Bharat – Setelah terlebih dahulu melakukan reses yang dilaksanakan pada tanggal 19, 20, dan 22 Februari 2018, DPRD Kabupaten Pakpak Bharat menyampaikan hasil reses dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak, pada Senin siang (05/03/2018).

Dipimpin Wakil Ketua DPRD Edison Manik, SE, dengan didampingi Ketua, Sonni P. Berutu, S.Th dan Wakil Ketua Kadri Tumangger.

Tim Reses dibagi ke dalam 3 tim, yaitu Tim A, yang melakukan Reses di Dapil I untuk Kecamatan Salak, PGGS dan STTU Julu, Tim B, melakukan Reses di Dapil I untuk Kecamatan STTU Jehe dan Pagindar, serta Tim C, melakukan Reses di Dapil II untuk Kecamatan Kerajaan, Tinada dan Siempat Rube.

Untuk Tim A, disampaikan oleh jurubicaranya, Ir. Yandra I. Berutu, Tim B, oleh jurubicaranya Sabar Manik, dan Tim C, dengan jurubicara Lukman Padang.

Selanjutnya disampaikan bahwa Reses ini merupakan proses tatap muka langsung pihak Legislatif dengan masyarakat selaku konstituen DPRD dan melakukan komunikasi dua arah untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat.

Baca Juga : Terbitkan ‘KIA’ Disdukcapil Pakpak Bharat Datangi Masyarakat

Usulan yang ditampung dari masyarakat nantinya akan disampaikan untuk penggunaan anggaran P.APBD tahun 2018 serta R.APBD 2019.

Secara umum aspirasi yang diusulkan masyarakat cenderung berupa pembangunan fisik dan infrastruktur, seperti pengaspalan, pembukaan, perkerasan dan perbaikan jalan, pembangunan embung, pembangunan jembatan, rehabilitasi irigasi, pembangunan gorong-gorong, parit semen, sarana air bersih, MCK, tembok penahan, rumah ibadah, dan sebagainya.

Usulan diluar infrastruktur, antara lain bantuan wirausaha, pembinaan kesenian, bantuan seragam, bantuan makanan tambahan, dan bantuan bibit ternak.

Pimpinan rapat juga membuka ruang kepada anggota DPRD jika ada usulan dan masukannya yang belum tertampung dalam Laporan Hasil Reses yang langsung dikilas balik oleh pihak pemerintah.

Rapat Paripurna berakhir dengan penyerahan Laporan Hasil Reses kepada eksekutif, yaitu Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, yang diwakili Asisten Pemerintahan Setda, Drs. H. Tekki Angkat. (mc/min)