Berita Medan – Kejar pemilih pemula Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan lakukan ‘jemput bola’ untuk merekam data e-KTP pemilih pemula di Medan. Strategi tersebut dijalankan dengan mendatangi sekolah SMA dan SMK di Kota Medan.

Kepala Disdukcapil Kota Medan, OK Zulkifli mengatakan, langkah jemput bola tersebut dilakukan pihaknya untuk menyukseskan ajang Pilkada 2018 pada 27 Juni mendatang.

“Kami akan merekam anak-anak sekolah yang telah berusia 17 tahun hingga 27 Juni nanti,” katanya di Medan.

Disdukcapil Kota Medan memiliki 4 mobil yang akan dikerahkan untuk terjun langsung merekam e-KTP di masyarakat. Dua armada dikerahkan ke sekolah-sekolah, dua lainnya disiapkan untuk mengantisipasi permintaan dari kecamatan atau lokasi-lokasi yang menjadi target.

Menurut dia, potensi jumlah pemilih pemula di Kota Medan cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dari jumlah SMA/SMK yang ada di Medan yang cukup banyak. KPU sendiri telah berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk menyiapkan data-data yang diperlukan.

Ia menyebutkan, strategi jemput bola ke sekolah-sekolah ini juga dilakukan agar jam belajar siswa tidak terganggu. Siswa tidak perlu lagi meninggalkan sekolah untuk melakukan perekaman e-KTP.

Pihaknya berharap, langkah tersebut mampu mendukung upaya pemerintah dan KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih, terutama pemilih pemula di daerah ini. “Agar pilkada kali ini bisa lebih berkualitas,” pungkasnya.(mc/min)