Home / News

Senin, 12 April 2021 - 16:13 WIB

Disbudpar Aceh Sukses Menggelar Pentas Didong 2021 “Pride Of Gayo”

Wakil Ketua DPR Aceh, Hendra Budian, SH (foto:ist)

Wakil Ketua DPR Aceh, Hendra Budian, SH (foto:ist)

makobar.com – Bertajuk “Pride Of Gayo” pentas didong 2021 sukses digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh di Hotel Amel & Convention pada tanggal 10 April 2021.

Diawali dengan penyambutan tamu yang diiringi dengan tarian munalo, prosesi ini menjadi sangat khidmat. Unsur budaya yang kental dari tanah gayo ini sudah mulai dipertunjukkan dari awal acara.

Pada 2015, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menetapkan Didong sebagai warisan budaya tak benda. Namun sejatinya, kesenian itu belum dilestarikan dengan maksimal.

Pentas kesenian itu dimulai dengan pertunjukan tarian munalo untuk menyambut para tamu undangan. Unsur budaya yang kental dari tanah gayo ini sudah mulai dipertunjukkan dari awal acara.

Kepala bidang bahasa dan seni Nurlaila Hamjah, Ssos, MM menjadi perwakilan Disbudpar Aceh untuk menerima prosesi penyambutan tamu yang di simboliskan dengan penyelendangan kain bermotif kerawang gayo dibahu beliau.

Baca Juga  Mengenal Saham Syariah dan Bertransaksi Saham yang Syariah

Dia berharap acara tersebut dapat menjadi wadah bagi seniman untuk melakukan pertunjukan karya serta mengapresiasi terhadap nilai seni itu sendiri.

“Didong ini merupakan seni kebanggaan masyarakat dari tanah tinggi gayo yang harus terus dijaga serta dilestarikan agar dapat diwariskan kepada genarasi selanjutnya,” terang Nurlaila dalam siaran persnya, Senin (12/4/2021).

Sebagai wujud apresiasi pemerintah kepada seniman didong, Disbudpar Aceh menyerahkan plakat serta uang tunai untuk keluarga salah satu maestro didong Alm. Abdul Kadir Toet yang diterima langsung oleh perwakilan anaknya.

Dalam pentas seni itu, pelaku seni dataran tinggi gayo menyuguhkan perpaduan seni pentas pertunjukan music ethnic, tari guel, tari saman dan didong yang menjadi satu pertunjukan “Pride Of Gayo”.

Selain acara kesenian, dalam kegiatan itu juga ada sesi talk show membahas perihal kesenian di Aceh dengan narasumber yang merupakan pegiat seniman.

Baca Juga  Ada Gaun Pengantin di Lokasi Wanita Hamil yang Tenggelam Diduga Pengantin Baru

“Sejarah didong mengalami masa jaya dan masa stagnasi, dari periode ke periode. Abdul kadir To’et atau yang lebih akrab dipanggil To’et merupakan seniman didong yang memadukan unsur tari, vocal dan satra. Beliau adalah penerima anugerah Bintang Jasa Nararya dari Presiden RI pada tahun 2010,” pungkas Nurlaila.

Peserta Pentas Didong 2021, Penampilan Tari Saman (foto:ist)

Peserta Pentas Didong 2021, Penampilan Tari Saman (foto:ist)

Terpisah, Wakil Ketua DPR Aceh, Hendra Budian, SH lewat siaran jarak jauh menerangkan bahwa penyelenggaran pentas seni merupakan aksi nyata dalam upaya melestarikan kesenian didong.

“Kita mengapresiasi kegiatan pentas seni didong yang diselenggarakan dengan melibatkan banyak pihak. Ini upaya nyata dalam melestarikan kesenian didong untuk kembali berjaya,” ujar Hendra.

Dalam rangkaian acara puncak kegiatan itu panitia menyerahkan hadiah kompetisi dengan total hadiah tiga puluh empat juta lima ratus ribu rupiah langsung disampaikan oleh dewan juri.

Share :

Baca Juga

News

Alumni SKPP 2020 Komitmen Kembangkan Pengawasan Partisipatif
Meeting Package Start From 50 Ribu Di Saka Hotel Medan, yuk Kepoin

Ekonomi

Meeting Package Start From 50 Ribu Di Saka Hotel Medan, yuk Kepoin
Suara ledakan guncang buleleng bali (foto: ilustrasi pixabay)

News

Viral, Dentuman Misterius Guncang Buleleng Bali Buat Warga Heran

News

Alasan PSMS dan Sriwijaya Dicoret dari Piala Menpora 2021
Iwan fals " Manusia setengah dewa "

Chord gitar

Chord Gitar Lagu Iwan Fals – Manusia Setengah Dewa, Kunci dari C: Wahai Presiden Kami yang Baru

News

Persebaya Perpanjang Kontrak 4 Pemain Timnas Indonesia
Habib Rizieq Shihab saat diperiksa kesehatan oleh polisi di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.(sumber: tribunnews.com)

News

Habib Rizieq Plontos Rambut, Ini Penjelasan Kuasa Hukum FPI
Long COVID, Hantui Pasien yang Telah Dinyatakan Sembuh

News

Long COVID, Hantui Pasien yang Telah Dinyatakan Sembuh