Home / News

Senin, 19 Oktober 2020 - 18:39 WIB

Dirlantas Sumut Bilang Pemutihan Program Pemprov, Ditlantas Hanya Pelaksana

makobar.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mulai Senin (19/10/2020) ini mulai melaksanakan program pemutihan yang akan digelar hingga 14 November mendatang.

Dalam brosur sosialisasinya, masyarakat akan digratiskan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), gratis Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) kedua dan seterusnya, serta BBN-KB mutasi masuk dari luar provinsi.

Namun pada praktiknya, pemutihan yang dilakukan oleh pihak Dinas Pendapatan Sumut di Samsat, yang digratiskan ternyata hanya PKB saja. Untuk BBN-KB kedua dan seterusnya serta mutasi masuk dari luar provinsi tetap dikenakan biaya.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumut Kombes Pol Wibowo yang disinggung prihal ini meminta agar masalah ini ditanyakan langsung kepada Dispenda Sumut. Karena kata dia, pemutihan ini merupakan program dari Dispenda Sumut, bukannya Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumut.

Baca Juga  Polisi Bubarkan Paksa Demo 1812 dan Tangkap Sejumlah Peserta Demo

“Di sini kita hanya pelayanan teknis saja. Dalam hal ini, kita membantu Dispenda dalam hal pembayaran pajak kendaraan,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (19/10/2020).

Wibowo mengaku, jika dirinya juga telah mengecek sendiri brosur yang beredar tentang pemutihan tersebut. Dia pun mengakui ada kesalahan.

“Ini sepertinya ada kesalahan di brosur yang dibuat oleh pihak Dispenda, dan sudah tersebar ke masyarakat. Apalagi ini hari pertama pemutihan. Tapi untuk lebih lanjut silahkan tanya ke Dispenda Sumut ya,” pungkasnya.

Baca Juga  17 Pengaruh Warna Terhadap Psikologi Manusia

Sementara itu, ditemui wartawan di Samsat Medan Utara Jalan Putri Hijau, sebagian warga mengeluhkan program pemutihan yang ternyata hanya diberlakukan pada PKB saja yang digratiskan. Misalnya Syuib warga Medan, mengaku bahwa dirinya harus membayar biaya balik nama.

“Saya bayar biaya balik nama. Tapi tidak seperti yang beredar di sosmed bahwa gratis. Saya bayar balik nama Rp130 ribu,” katanya. (mc/fan)

Share :

Baca Juga

Gowes keliling caldera

News

Karang Taruna Desa Sibisa Fun Bike Bersama BPODT
Kapolsek Helvetia tinjau langsung pos pam natura

News

Kapolsek Helvetia Memantau Langsung Kesiapan Pos Pam Ops Lilin Toba 2020
Maha Vihara Maitreya

News

Maha Vihara Maitreya Batalkan Semua Event Imlek Tahun Ini
Gembong narkoba berinisial IRP alias man batak

Hukum

Gembong Narkotika Kembali Diamankan Polda Sumut: Barbut 5 kilogram Sabu

News

Kapolres Terima Audiensi RMTH Kota Tanjungbalai

News

Kapolda Sumut Pimpin Pemusnahan Barang Bukti Ratusan Kilo Sabu dan Ribuan Ekstasi
Sekdaprov Sumut R Sabrina membuka Dialog Kebangsaan Hari Pers Nasional dengan ‘Tema Pers Perjuangan : Antara Idealisme dan Komersialisme di Era Millenial’ yang diselenggarakan di Gedung Juang 45 Sumut, Jalan Pemuda No. 17 Medan, Selasa (16/2/2021)

News

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Ajak Pers Berkolaborasi Sejahterakan Masyarakat
Whatsapp tunda perubahan kebijakan privasi (foto: ilistrasi)

News

Mulai Ditinggal Pengguna, WhatsApp Tunda Kebijakan Privasi