Edy Rahmayadi Sahabat Semua Suku
Calon Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi foto bersama para Tokoh se-Kabupaten Toba Samosir.

Berita Tobasa – Masyarakat Kabupaten Toba Samosir tidak lagi merasakan keindahan daripada Danau Toba, yang terletak di pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara.

Luasnya 1.145 kilometer persegi yang menjadikannya danau terluas se-Asia Tenggara dan luasnya lebih besar dari Singapura [716 km] ini, seolah tak mau lagi menyajikan keasrian, kehijauan lingkungan hingga keterjagaan iklim, akibat ulah dari masyarakat setempat maupun pendatang.

Hal itu dikeluhkan masyarakat Tobasa kepada Calon Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, saat acara Ramah Tamah dan Silaturahmi dengan Tokoh se-Kabupaten Toba Samosir, Kamis (22/3/2018).

Acara yang di gelar di Cafe Bunga Toba, tepatnya di depan Hotel Ompu Herti, Jalan Pemandian No.02, Kelurahan Sangkar Ni Huta, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, dihadiri oleh para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan para ulama se-Kabupaten Toba Samosir.

“Keadaan Danau yang kita lihat sekarang ini sangat jauh berbeda dari keadaan sebelumnya. Danau ini butuh campur tangan bapak (Edy Rahmayadi),” kata Halasan Simangunsong, selaku Majelis Ulama Balige.

Hal senada juga dikatakan Pandabotan Togo Sianipar. Mewakili masyarakat Tobasa, Pandabotan berharap Cagub nomor urut 1 ini dapat membawa kembali keasrian Danau terbesar kedua di Dunia ini.

Baca Juga : Edy Rahmayadi Sahabat Semua Suku

“Dari sinilah kami menggantungkan kehidupan kami pak, dan kita tahu Danau Toba ini salah satu aset negara kita. Tapi bapak bisa lihat sendiri bagaimana kondisi Danau kita ini pak, kalau bapak jadi Gubernur, tolong lah pak Danau kita ini pak. Cuma pak Edy lah yang bisa mengembalikan Danau Toba seperti dulu lagi,” ucapnya.

Tidak hanya itu kata Pandabotan, masyarakat di Kabupaten Toba Samosir ini juga berharap kelak yang akan menjadi Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023 adalah Edy Rahmayadi.

“Jujur pak, kalau orang batak ini sulit dipengaruhi pak. Tidak ada yang bisa menggunting kami disini pak untuk memilih bapak. Percayalah pak, pasangan yang lain itu bukan pilihan kami pak,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, mantan Pangkostrad ini berjanji akan mengembalikan danau yang terbentuk dari erupsi gunung berapi, dan masuk dalam daftar Guinness World Records ini, kembali seperti dahulu.

“Sinergitas dari semua pihak harus terus dilakukan demi kelestarian Danau Toba. Doakan saya, saya berjanji, bersama kita kelola dan kita kembalikan lagi anugerah dari yang Maha Kuasa Ini sebagaimana mulanya,” ucap Edy Rahmayadi dalam pidatonya. (mc/str)