Berita Tapsel – Jelang pelaksanaan puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-73 yang jatuh pada hari Jum,at 17 Agustus 2018, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan menggelar sejumlah rangkaian kegiatan yang Diantaranya adalah apel penghormatan dan malam renungan suci di Taman Makam Pahlawan Sipirok, tepat pukul 00.00 Wib Jum,at (17/8/2018).

Pada apel penghormatan dan malam renungan suci tersebut dihadiri Bupati Tapanuli Selatan H. Syahrul M Pasaribu SH, dan yang bertindak sebagai bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kaden C Brimob AKBP Bravo Asena.

Dalam pelaksanaan Upacara tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Tapsel, Kapolres, Wakil Bupati Tapsel, Sekda Tapsel, Asisten, Staf Ahli, Kadis, Kaban, Kabag, Dandim serta para Anggota TNI, Polri,KNPI, Satpol PP dan Pramuka Dewan  Kerja Ranting Tapanuli Selatan.

Pelaksanaan apel berlangsung khidmat dan sakral yang diawali dengan pembacaan tanda kehormatan dan renungan suci oleh Irup dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta serta penyalaan obor.

Renungan suci ini merupakan salah satu rangkaian yang rutin dilaksanakan  setiap tahunnya sebelum peringatan acara puncak detik-detik proklamasi kemerdekan Republik Indonesia.
[17/8 12:03] Rijal Humas Tapsel: Upacara HUT RI ke-73 TK. Kab. Tapsel Berlangsung Khidmat

Bupati Tapanuli Selatan H. Syahrul M Pasaribu SH menjadi Inspektur Upacara Bendera memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 Tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan Jum,at (17/8/2018) di Halaman Kantor Bupati Kompleks Pemerintahan Perkantoran Bupati Tapanuli Selatan Jl. Prof. Lafran Pane, Sipirok.

Ribuan peserta mengikuti upacara tersebut yang terdiri dari Pasukan TNI, POLRI, SATPOL PP, ASN, PGRI, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Mahasiswa, Pelajar, dan Pramuka. Ratusan undangan juga terlihat antara lain Pimpinan Forkompinda, Pimpinan dan Anggota DPRD, Wakil Bupati Tapsel, Sekretaris Daerah, Ketua TP PKK Tapsel, Ketua Darma Wanita Tapsel, Para Veteran, Pimpinan Perguruan Tinggi,  Tokoh Masyarakat di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, diluar lapangan juga terlihat warga masyarakat menyaksikan upacara tersebut dengan tertib.

Bupati Tapanuli Selatan sebagai Inspektur Upacara memimpin peringatan detik-detik proklamasi, sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan H. Rahmat Nasution S. Sos membacakan Teks Proklamasi.

Bertindak sebagai komandan upcara Kapt.
Lettu Inf. Syaiful Abdi, Sedangkan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih terdiri dari 73 orang Pasukan yang beranggotakan siswa-siswi SMA/SMK/MA baik Negeri maupun Swasta di Kabupaten Tapanuli Selatan dan Bertindak sebagai Komandan Paskibra Amsal dari SMA N 2 plus sipirok.

Sedangkan Pembawa bendera/baki Rini siswi SMA N 1 Sayurmatinggi, dan petugas pengibar bendera Kristiando SMA N 2 Plus Sipirok, Amar SMK 1 Batang Angkola, dan Feri dari SPP Tapsel.(mat)