Berita Medan, makobar – Sesuai misinya Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan, Sihar Panjaitan kepala perwakilan Provsu kunjungi pemko Pematangsiantar, Kamis (18/10/2018).

Rombongan disambut Wakil Wali Kota Togar Sitorus, SE, MM diruang kerjanya, selanjutnya melaksanakan pertemuan dengan jajaran pemerintah kota di ruang Serbaguna Bappeda.

Ucapan selamat datang kepada rombongan disebutkan Togar saat membacakan sambutan Wali Kota Haji Hefriansyah, SE, MM.

Baca Juga: Dansat Brimob Polda Sumut Buka Turnamen Voli di Pematangsiantar

“Harapan masyarakat akan tata pemerintahan yang baik untuk mewujudkan kota yang lebih mantap, maju dan jaya, sangatlah besar,” ungkapnya.

Perlu kami sampaikan, lanjut Togar, bahwa pemerintah kota telah berusaha untuk menciptakan good governance dengan menciptakan sistim tata kelola pelayanan publik, salah satunya melalui aplikasi SmartCity, katanya.

Kepala BPKP Sumut dalam arahannya menekankan pada prinsip seorang pegawai dalam mengelola keuangan daerah.

“Lebih dulu harus kita mengenal diri sendiri, maka apa yang akan kita kerjakan lebih optimal demi keberhasilan sebuah kinerja”, sebutnya.

“Kita harus berani bertanya apakah perencanaan yang kita lakukan telah sesuai dengan kepentingan masyarakat secara keseluruhan atau malah perencanaan yang kita buat hanya untuk memenuhi keinginan kita dan menjawab kepentingan kita semata,”ujarnya.

“Jika kita sudah mengenal diri sendiri, maka apa yang kita rencanakan, apa yang kita lakukan semuanya adalah untuk Tuhan” tegas Sihar, sehingga dalam pengembangan dan penerapannya perlu dilakukan secara komprehensif.

“Kita harus memperhatikan aspek biaya manfaat (cost and benefit), rasa keadilan dan kepatutan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta mempertimbangkan ukuran, kompleksitas, sifat dari tugas dan fungsi instansi pemerintah,”katanya. (mc/min)