Home / News

Sabtu, 1 Agustus 2020 - 22:28 WIB

Bawaslu Sebut Kinerja PPDP di Medan tidak Profesional

Medan, makobar.com-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Medan menyebut kinerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Medan tidak profesional.

Itu berdasarkan hasil pengawasan terhadap proses Pemutakhiran Data Pemilih‎ pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan 2020 yang dilakukan jajaran Bawaslu Kota Medan.

Bahkan ironisnya, Bawaslu Kota Medan banyak menemukan PPDP bertugas tidak sesuai peraturan dan ketentuan berlaku.

Demikian dikatakan Anggota Bawaslu Kota Medan, M Fadly S.sos menjawab makobar.com, Sabtu, (1/8/2020).

“Temuan tersebut berdasarkan tabulasi atau catatan laporan Hasil Pengawasan yang disampaikan jajaran Panwaslu Kecamatan se-Kota Medan kepada Bawaslu Kota Medan sejak 15 hingga 31 juli 2020,” ujar Fadly.

Lebih lanjut jelas Fadly, ketidakprofesionalan itu antara lain ialah tidak sesuainya nama petugas dengan yang tercantum di SK PPDP tersebut.

“Selain tidak sesuainya nama dan petugas yang melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit), kita temukan juga dari pengawasan melekat dan langsung di lapangan, PPDP tidak mencoklit dari rumah ke rumah. PPDP tidak melakukan coklit, namun, hanya menempel stiker A.A2 KWK di rumah warga,” jelas Fadly.

Baca Juga  Musa Rajekshah: Perawat Wajib Layani Masyarakat Dengan Sepenuh Hati

Selanjutnya, Fadly mengungkapkan, juga ditemukan adanya PPDP yang menjalankan tugasnya tidak sesuai protokol kesehatan.

“Hal lainnya ialah AA2 KWK tidak diisi secara lengkap dan Petugas PPDP diduga sebagai anggota Partai Politik (Parpol) aktif,” ungkapnya.

Dengan itu, tegas Fadly, Bawaslu Kota Medan bersama jajaran tetap melakukan pengawasan terhadap PPDP yang akan dilaksanakan hingga 13 Agustus 2020, mendatang.

“Saran perbaikan secara tertulis disampaikan oleh Panwaslu Kecamatan kita ke PPK‎. Harapannya, surat saran perbaikan tersebut ditindaklanjuti oleh PPK agar segera menginstruksi, monitoring, supervisi kejajaran di bawahnya PPS dan PPDP untuk melaksanakan tugas Coklit sesuai dengan SOP serta ketentuan yang sudah ditetapkan,” tegas Fadly.

Baca Juga  Polda Sumut Lakukan Penyidikan Terkait Kasus DBH PBB Labura dan Labusel

Selaim itu, Fadly menambahkan, masih berdasarkan pengawasan di lapangan yang diperoleh Panwas Kelurahan/Desa (PKD) dan Panwaslu Kecamatan juga disampaikan saran perbaikan dalam bentuk teguran secara lisan langsung ke PPDP dan PPS.

“Ketika saat melakukan pengawasan melekat Coklit juga disampaikan saran perbaikan secara lisan‎ oleh jajaran kita di Panwaslu,” tambahnya.

Rekomendasi, saran berdasaekan hasil pengawasan yang telah disampaikan jajaran kita ke PPK, kata Fadly sebagai evaluasi dalam perbaikan Pemutakhiran Data Pemilih‎ yang dilakukan oleh PPDP.

“Karena tahapan coklit ini masih ada waktu sekitar 12 hari ke depan untuk memperbaikinya demi tercapainya ke Akuratan Daftar Pemilih,” pungkasnya. (mc/Jam)

Share :

Baca Juga

Vivo Rajai Penjualan Smartphone di Pasar Indonesia

Artikel

Vivo Rajai Penjualan Smartphone di Pasar Indonesia
Kapolres Deiyai Menanamkan Rasa Nasionalisme Sejak Dini di Tanah Papua

News

Kapolres Deiyai Menanamkan Rasa Nasionalisme Sejak Dini di Tanah Papua

News

Ayo Nginap di Saka Hotel Hanya Rp 319 Ribuan Pakai KTP Aceh dan Nias
Mahfud MD

News

UU ITE Bakal Direvisi Mahfud MD Bilang Dulu Pada Semangat
Peringatan Isra Mi'raj, Kebangkitan Kampung Sejatera dari Stigma Negatif

News

Peringatan Isra Mi’raj, Kebangkitan Kampung Sejahtera dari Stigma Negatif
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (kiri) bersama Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zein bin Umar bin Smith memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan di DPP Rabithah Alawiyah, Jakarta, Sabtu, 30 Januari 2021. Kunjungan Kapolri ke DPP Rabithah Alawiyah itu untuk bersilaturahim dengan ormas-ormas Islam besar dan ulama di Indonesia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Hukum

Kasus Penembakan 6 Laskar FPI, ini Pernyataan Jenderal Listyo Sigit

News

Ketua Pansus Covid-19 DPRD-SU Kunjungi Polsek Sunggal

LIngkungan

KOPASUDE Lakukan Penanaman dan Perawatan Pohon di Hutan Kota