Baharuddin Saputra: Saat Pramuka Sumut Bangkit Kembali

MEDAN – Pasca Musyawarah Daerah Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sumatera Utara belum lama ini dan terpilihnya Kakak Nurdin Lubis sebagai Ketua Kwardasu, diharapkan Gerakan Pramuka Sumut bangkit kembali.

“Angin segar kegiatan kepramukaan di Sumut diharapkan bangkit kembali dan bergairah, sebab Gerakan Pramuka masih menjadi primadona dan pilihan terbaik bagi generasi muda untuk menimba ilmu dan berbagi pengalaman lewat kegiatan kepramukaan,” ujar Baharuddin Saputra, SH mantan Andalan Humas Kwarcab Medan yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU).

Masa remaja Bahar diwarnai dengan aktifitas kepramukaan mulai golongan Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega hingga Pembina dan berpengalaman dalam kepengurusan pengelola Kwartir sebagai andalan.

Baca Juga :  Ketua DKSU Resmi Buka Pameran Lukisan International Concert di Bandara Kualanamu

Masa penggalang di Gudep 019-020 TVRI Medan ia terpilih sebagai 10 orang penggalang putra terbaik pada Regu Banteng, menjadi Regu terbaik pada Lomba Tingkat (LT) Kwarran Kecamatan Medan Barat, Kwarcab Kota Medan dan kwarda Sumut, hingga tingkat Nasional di Cibubur Jakarta.

Baca Juga :  Diberi Bantuan Sembako, Ketua DKSU: Seniman Ucapkan Terimakasih Kepada Kapoldasu

Masa penegak dan pandega terpilih menjadi Pengurus Dewan Kerja Daerah Sumatera Utara (DKDSU) dipercaya sebagai Kabid Penelitian dan Evaluasi (Litev) priode 1988-1992 pimpinan Ketua Alm.Kak Sulasno.

Masa priodenya menjadi Ketua Sangga kerja Pengembaraan Desember ( Pedestra) 1988, Pimpinan Rombongan Putra Perkemahan Wirakarya di Purbalingga Jawa Tengah 1990, Humas Pertikara Nasional di Sibolangit 1992.

“Kak bahar yang saya kenal sejak remaja hingga kini masih berjiwa pramuka, dia benar benar menjiwai hingga tercermin dalam kesehariannya bekerja, bergaul dengan berbagai kalangan, sampai terpilih menjadi Ketua Dewan Kesenian Sumut, berkat ketekunannya dalam dunia kepramukaan, dunia kesenian dan Kebudayaan,” ujar Kak War Jamil mantan Sekretaris Kwarda Sumut dan Tokoh Pers Sumut.

Baca Juga :  Heboh ! Baharuddin Saputra Digadang-gadang Jadi Walikota Medan

Ayub Badrin sahabat Bagar satu angkatan sebagai peserta Teater Pelajar Taman Budaya Medan sejak 1980 mengakui Bahar menekuni dunia Teater dalam berkesenian hingga menguasai ilmu sastra / jurnalistik dan perfilman.

Jauhari Irawan anggota Teater Kita Medan, menurutnya Bahar gigih dan konsisten dalam dunia Seni dan Pramuka, hingga memiliki kemampuan percaya diri untuk meraih impiannya.

Baca Juga :  Komunitas Penulis Medan Dukung Abah Bahar Maju Pilkada Medan

Sementara itu Wan Hidayati Kadis Budpar Sumut menegaskan sosok Bahar memiliki percaya diri yang luar biasa. Setidaknya dalam waktu setahun ini ia telah berkiprah membesarkan Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU) lewat berbagai kegiatan Regional, Nasional dan tingkat Asia bahkan Internasional. Bahar dinilai wajar mendapat penghargaan dari Kapolri sebagai PNS Polri Polda Sumut yang berprestasi.

Baca Juga :  Kapoldasu Bangga Baharuddin Saputra Raih Penghargaan PNS Berprestasi

Kehadirannya dalam dunia Keseniaan dan Kepramukaan di Sumut, diharapkan dapat mewarnai kedua cabang kegiatan yang selalu sejalan itu.[rel]

Artikel Terkait

Wakapolda Terima Rekomendasi Kajian Cepat Ombudsman Sumut

Medan, makobar.com-Wakapolda Sumatra Utara, Brigjen Pol Dadang Hartanto terima rekomendasi hasil kajian cepat (Rapid Assemen) Ombudsman RI Perwakilan Sumut.

Sinopsis Film Tracers: Kisah Para Pengantar Pesan Naik Sepeda

makobar.com - Film Tracers dijadwalkan akan tayang malam ini di stasiun televisi kesayangan anda pada Senin (27/4/2020) pukul 23.00 WIB. Film karya...

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh

makobar.com - Sebagian orang lebih memilih mengonsumsi obat herbal untuk menyembuhkan penyakitnya. Daun jambu biji, salah satu obat herbal yang ampuh menurunkan...

Kamis 9 Juli 2020, Harga Emas Antam Naik di Rp940.000 Per Gram

makobar.com - Pada perdagangan hari Kamis (9/7/202) pagi harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)...

Ikuti Artikel Terbaru Kami Melalui Email