Alamak, Deteksi Dini Narkoba di Polda Sumut 2 Personel Dinyatakan Positif

Berita Medan – Biro Provost Divisi Propam Mabes Polri menggelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibpilin) di Mapolda Sumut, Selasa, (22/5/2018).

Gaktibplin yang dipimpin oleh Kombes Pol Parimin Warsito,SH dan Kombes Pol Drs Agung Setiatno beserta tim dan Tim Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri dipimpin Kombes Pol dr Adang Azhar, Sp,DFM didampingi Kabid Propam Polda Sumut Kombes Pol Drs Syamsudin Lubis, SH dan Bid Dokkes Polda Sumut Kombes Pol dr Sahat Harianja, DFM melakukan ters urine terhadap 617 personel polri, termasuk polwan dan ASN di lingkungan Polda Sumut.

Hasilnya, dua personel dinyatakan positif methamphetamin dan amphetamin.

“Kegiatan pemeriksaan deteksi dini narkoba yang dilakukan oleh tim Pusdokkes polri, Dokkes Polda Sumut dilaksanakan selesai apel pagi yang bertempat di samping lapangan KS Tubun yaitu dipenjagaan Provos Polda Sumut,” ujar Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Tatan Dirsan Atmaja melalui Kasubid Penmas, AKBP MP Nainggolan lewat keterangan tertulisnya yang diterima makobar.com.

Baca Juga : Dellisa Ayu, Gadis Cantik Korban Cemburu Buta Iwan Kincit Hembuskan Nafas Terakhir

Lanjut dijelaskan Nainggolan, dari pemeriksaan terhadap ratusan personel, dua di antaranya dinyatakan positif.

“Personel polri yang diperiksa sebanyak 617 orang terdiri dari polri, polwan dan ASN di lingkungan Polda Sumut. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dari mabes polri terdapat dua orang yang dinyatakan positif methamphetamin dan amphetamin,” jelasnya.

Begitupun, Nainggolan enggan menyebutkan inisial dua oknum yang positf amphetamin itu.

Namun, beredar kabar, dua oknum tersebut merupakan perwira.

“Kalaupun ada yang positif, itu akan diassesment saja. Baru diketahui penyebabnya,” tandasnya.

Sementara itu, Kabag Gaktiplin Propam Polri, Kombes Pol Drs Agung Setiatno ketika dikonfirmasi usai tes urine dadakan itu mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin Divisi Propam Polri. “Tujuannya agar personel polri dan PNS bisa bersih dari penyalahgunaan gelap narkoba. Khususnya di lingkungan Polda Sumut,” katanya.

Baca Juga : Tim Safari Ramadhan Pemkab Sergai Malam Ini Bergerak

Selanjutnya, Kombes Agung menambahkan akan melakukan tes urine di Polres sejajaran Polda Sumut.

“Untuk lokasinya (Polres yang akan dilakukan tes urine) tidak bisa saya sebutkan, dirahasiakan,” tambahnya.

Selain itu, dalam kegiatan tes urine ini, Kombes Agung mengharapkan agar polri dan PNS yang bertugas di lingkungan Polda Sumut bisa bebas dari narkoba.

“Tentunya agar seluruh personel polri menjadi lebih baik dan mempunyai disiplin yang lebih baik lagi kedepannya,” harap Agus. (mc/Jam)