Home / News / Uncategorized

Minggu, 21 Februari 2021 - 02:47 WIB

7 Danau Tertinggi di Indonesia

7 Danau Tertinggi di Indonesia

7 Danau Tertinggi di Indonesia

makobar.com – Sebagai negeri kepulauan yang membentang begitu panjang, Indonesia dikaruniai berjuta keistimewaan dan keindahan. Tak hanya luas dan terdiri dari bermacam pulau, Indonesia juga negeri yang dikaruniai daratan yang bergelombang, bergunung-gunung, dengan keelokan luar biasa.

Nah, di antara pegunungan-pegunungan yang menjulang itulah, terdapat keindahan lain berupa danau-danau air tawar yang letaknya begitu tinggi. Inilah 7 danau tertinggi di Indonesia.

1. Danau Habema (3321 m)

danau Habema. foto: istimewa

Danau Habema. foto: istimewa

Lokasi Danau Habema terletak di kawasan Taman Nasional Lorentz. Adapun alamat Danau Habema berada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Berjarak sekitar 48 kilometer dari kota Wamena, perjalanan menuju danau Habema bukanlah perkara mudah. Jalan yang terjal, serta kontur tanah yang berbukit-bukit membuat siapapun yang ingin mencapai danau butuh kendaraan dengan penggerak 4 roda.

Mungkin bila jalanan rata, dengan menggunakan mobil, 48 kilometer akan dicapai dengan waktu yang relatif singkat, sekitar 1,5 sampai 2 jam saja. Namun, karena kondisi alam yang cukup ekstrim, maka menuju Habema dengan menggunakan mobil dapat memakan waktu hingga 3 jam.

Begitu lamanya waktu yang ditempuh tidak akan terasa, karena pengunjung dapat menikmati setiap pemandangan yang dilewati selama perjalanan.

Hamparan bukit dengan pohon-pohon tinggi dan udara yang sejuk akan memanjakan mata di sepanjang jalan menuju danau habema

Hamparan bukit dengan pohon-pohon tinggi dan udara yang sejuk akan memanjakan mata di sepanjang jalan. Apalagi, bila kita berangkat dini hari dan mendapat kesempatan menikmati matahari terbit di antara pegunungan yang berangkai indah. Pemandangan yang langka dan terasa begitu berkesan.

2. Danau Ranu Kumbolo (2469 m)

Ranu Kumbolo, foto: istimewa

Ranu Kumbolo, foto: istimewa

Danau Ranu Kumbolo secara administratif, masuk dalam wilayah Desa Mulyosari, kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur. Lokasi danau berada dalam area pengeloalaan Area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Danau ini ada pada ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Untuk mencapai danau Ranu kumbol malang mesti ditempuh dengan mendaki. Jalan kaki. Tidak ada sarana lain untuk mencapai lokasi itu. Ya namanya juga wisata mendaki, ya memang harus mendakilah !.

Jalur pendakian yang diambil adalah, jalur pendakian desa Ranu Pani. Dari desa Ranu pani, pendaki bisa mulai perjalanan mendakinya. Untuk mencapai ranu pani, bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor, baik mobil ataupun motor.

Pendaki bisa mulai dari kota Malang atau dari Surabaya menuju Tumpang, yang dapat ditempuh dengan bantuan kendaraan dengan kisaran waktu sekitar 3 jam. Dari Tumpang ini melanjutkan ke Pos Ranu Pani dengan rental kendaraan, biasanya jeep. Atau kalau murah bisa dengan ikut mobil pengangkut sayur. biayanya bisa hemat sampai 80% dibandingkan rental Jeep. Selepas ranu pani, dimulailah jalan kaki pendakiannya.

Baca Juga  Bobby: Kerja Maksimal Jangan Main-main dengan Anggaran

Dalam kondisi normal, dari ranu pani, sampai ke Danau ranu Kumbolo Semeru, memerlukan waktu 3,5-4 jam. Namun jika ditempuh dengan santai dan leha-leha, 5 jam adalah waktu yang masih bisa ditoleransi.

3. Danau Ranu Pani (2162 m dpl)

ranu pani, foto: istimewa

Ranu Pani, foto: istimewa

Danau Ranu Pani berada di Desa Ranu Pani, secara administratif berada di wilayah Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Wilayah Ranu Pani adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Dari Bandara Abdulrachman Saleh, harus keluar menuju patung pesawat yang ada di pinggir Jalan Abdulrachman Saleh, Cemoro Kandang, Kedung Kandang, Kota Malang. Selanjutnya, bisa naik angkutan umum bernama TA (Tumpang Arjosari) jurusan Terminal Arjosari – Pasar Tumpang berwarna putih.

Perjalanan dari Jalan Abdulrachman Saleh menuju Pasar Tumpang ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit. Ongkos angkutan umum yang dibutuhkan adalah Rp 7.000 per orang.

Saat tiba di Pertigaan Pasar Tumpang, bisa memilih moda transportasi mobil jip atau ojek motor. Untuk mobil jip, bisa datang ke kios paguyuban mobil jip di Pasar Tumpang yang menawarkan jasa angkutan menuju Desa Ranu Pani.

Harga sewa mobil jip dari Pasar Tumpang ke Desa Ranu Pani adalah Rp 650.000 untuk kapasitas 12 orang per mobil. Namun, jika datang ke Pasar Tumpang kurang dari 12 orang dan tidak ingin beban per orang menjadi lebih dari Rp 55.000 per orang, maka harus bersabar menunggu sampai mobil jip terisi penuh.

Perjalanan dari Pasar Tumpang menuju Desa ditempuh selama 1,5 jam dengan melewati beberapa bagian jalan yang rusak.

4. Danau Segara Anak (2010 m dpl)

Dana segar anak, foto: istimewa

Danau Segar Anak, foto: istimewa

Tidak diragukan lagi bahwa Pulau Lombok, di Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki banyak sekali tujuan wisata yang sangat indah. Selain pantai dan keindahan bawah lautnya, Lombok memiliki wisata alamnya. Salah satu wisata alam yang sangat menggoda adalah Danau Segara Anak yang terletak di puncak Gunung Rinjani.

Menurut cerita masyarakat lokal, nama danau ini sendiri berasal dari kata Segara Anak yang memiliki arti Anak Laut. Hal ini didasarkan pada warna air danaunya kebiruan dan menyerupai warna air laut.

Memang tidak mudah untuk mencapai ke danau Segara Anak. Wisatawan harus berjalan kaki memakan waktu selama 9 jam. Walaupun sangat melelahkan, namun akan terbayarkan setelah sampai, karena pemandangan yang ditawarkan sangat menakjubkan. Salah satu keunikan danau ini adalah sebuah gunung yang terdapat di tengah-tengah danaunya. Gunung itu dinamakan dengan Gunung Baru Jari.

5. Danau Gunung Tujuh (1983 m dpl)

Dana segar anak, foto: istimewa

Danau Gunung Tujuh, foto: istimewa

Danau Gunung Tujuh adalah salah satu dari banyak danau di Kabupaten Kerinci di propinsi Jambi. Ini adalah tempat wisata yang menakjubkan untuk dikunjungi. Lokasi Danau Gunung Tujuh adalah di Kecamatan Kayu Aro. Sekitar 50 km dari Sungai Penuh ke desa Pelompek.

Baca Juga  Bupati Tapteng: Mari Sukseskan Vaksinasi Covid-19 Dan Berani Jadi Entrepreneur Baru

Danau Gunung Tujuh berada di Gunung Tujuh, di tengah keelokan alam Dataran Tinggi Kerinci, tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Jambi. Selain memiliki panorama alam yang menakjubkan, jalur yang dilalui juga jauh lebih mudah daripada Gunung Kerinci yang masih termasuk sebagai gunung aktif.

Danau seluas 960 hektare, dengan panjang 4,5 kilometer dan lebar 3 kilometer itu dikelilingi oleh tujuh gunung.

Ada Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis Lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl).

Pada beberapa gunung terdapat sumber air, yang menyebabkan air di danau tidak pernah habis.

6. Danau Anggi Gigi (2950 m dpl)

Danau Anggi Gigi, foto: istimewa

Danau Anggi Gigi, foto: istimewa

Anggi Gigi adalah danau yang terletak di Pegunungan Arfak pada ketinggian sekitar 1.953 meter di atas permukaan laut dengan kisaran suhu 8-20 derajat Celcius, memiliki pemandangan yang indah dengan bukit-bukit kurva yang tertutup tanaman sub-alpine.

Danau Anggi yang terdiri atas dua danau besar bernama Anggi Gida dan Anggi Giji di mana masing-masing merepresentasikan laki-laki dan perempuan. Danau ini terletak di kawasan cagar alam pegunungan Arfak, tepatnya di ketinggian kurang lebih 2.950 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai wilayah tempat tinggal suku Arfak ini, kamu butuh waktu sekitar 3-4 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan mobil off-road. Harus dengan mobil off-road karena medan jalan menuju tempat ini sulit untuk dilewati. Jalan tanah dengan batu-batu besar dan sungai-sungai deras yang harus diseberangi menjadi situasi yang dihadapi ketika menuju danau Anggi.

Meski perjalanan menuju danau Anggi sama sekali tidak mudah, namun sebaiknya kamu mampir ke sana saat berkunjung ke Manokwari.

7.Danau Paniai (1.700 m dpl)

Danau Paniai, foto: istimewa

Danau Paniai, foto: istimewa

Danau Paniai adalah sebuah danau yang terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Atau secara administratif terletak di distrik Paniai Timur.

Keindahan alam danau Paniai memang sangat luar biasa. Warna danau agak kebiruan dengan pasir dan tebing-tebing di sekitar tepian. Kondisi alamnya sangat asri.
Danau Paniai.

Danau Paniai berada diketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Karena letaknya yang begitu tinggi, udara di sekitar Danau terasa sangat sejuk. Danau dikelilingi oleh tebing yang tinggi, menambah daya tarik objek wisata ini.

Selain keindahan alam, keragaman budaya penduduk di sana juga membuat orang tertarik datang ke sana. Ada beberapa suku yang tinggal di sekitar danau yakni Suku Mee dan Suku Moni.

(mc/bs)

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Rupiah Spot Masih Bertahan di Zona Merah
Ketua TP PKK Kota Medan serahkan Perlengkapan belajar dan KIA untuk Anak PAUD

News

Ketua TP PKK Kota Medan serahkan Perlengkapan belajar dan KIA untuk Anak PAUD

Entertainment

Sebelum Naik Panggung, DJ Joana Mengaku Pernah Begituan di Mobil
PAL-V mobil terbang pertama bersertifikat EASA, (Foto : Antara)

Ekonomi

PAL-V mobil terbang pertama bersertifikat EASA
Hutang Belum Lunas Rentenir "Raja Tega" Rampas Hasil Panen Petani

News

Hutang Belum Lunas Rentenir “Raja Tega” Rampas Hasil Panen Petani

Ekonomi

Grand Arabia Hotel Sediakan Menu Buka Puasa Sunnah
Borussia Dortmund kalah di markas Union Berlin. (Foto: Getty Images/Pool)

News

Borussia Dortmund kalah di markas Union Berlin. 
Dirlantas Polda Sumut : Mendalami Kronologis Penyebab Tabrakan Maut

News

Dirlantas Polda Sumut : Terus Mendalami Kronologis Penyebab Tabrakan Maut