Pertarungan Preview Leg 2, 'Mission Impossible' Bagi Ayam Kinantan?

Berita Medan – Pencarian sosok pemain asing asal Asia yang menggenapi kuota pemain ekspatriat PSMS Medan tuntas. Sharif Khamayuni Mukhammad, gelandang bertahan berpaspor Afghanistan jadi pilihan tim Ayam Kinantan melakoni Liga 1 musim 2018.

Sharif diplot menggantikan Dilshod Sharofetdinov, pemain asal Uzbekistan yang sempat diincar namun batal direkrut, setelah memilih menjadi bagian klub East Bengal FC, India.

Direktur Teknik PSMS, Andry Mahyar mengatakan, setelah manajemen berdiskusi dengan tim pelatih, dari deretan daftar pemain yang diajukan, Sharif Khamayuni Mukhammad dianggap paling sesuai. “Karena PSMS masih punya slot pemain dari Asia untuk gelandang bertahan. Nah, Sharif Mukhammad ini gelandang bertahan yang punya determinasi. Dari beberapa nama yang kita jadikan opsi pengganti Dilshod. Yang paling PSMS banget itu Sharif Mukhammad,” ujarnya.

Andry mengakui, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan pemain kelahiran Makhachkala Rusia, 21 Maret 1990 itu. “Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan, setelah kami sampai di Medan, dia sudah hadir dan bisa ikut latihan perdana. Tim Minggu sudah pulang ke Medan (usai bertanding perebutan tempat ketiga Piala Presiden 2018). Anak-anak paling Selasa (20/2/2018) sudah latihan. Paling lama, Rabu (21/2/2018) depan dia sudah sampai ke Medan, karena secara administrasi sudah kami diselesaikan,” ucapnya.

Andry juga membahas kegagalan merkrut Dilshod lantaran ada rumor bahwa PSMS disalip pihak lain dalam perekrutan tersebut lantaran lamban mengikat Dilshod Sharofetdinov.

“Iya itu dia. Kami kan ada komitmen, setelah Piala Presiden pemain baru datang. Jadi bukan ditekong ya. Bukan. Karena sudah ada pembicaraan termasuk dengan Coach Djadjang Nurdjaman, dan sudah kontak juga ke dia (Dilshod Sharofetdinov),” ujarnya lagi.

Kenapa sampai direkrut East Bengal, dia mengaku tidak tahu pasti. “Kemungkinan East Bengal meminta dia langsung. Kan enggak mungkin kita larang. Karena PSMS juga masih di Piala Presiden. Seandainya pun dia datang, kan enggak bisa latihan. Karena kita masih di Solo. Si pemain mungkin ingin cepat dapat klub. Jadi, diapun ke East Bengal,” jelasnya.

Sementara itu, rekrutan teranyar PSMS, Sharif kendati merupakan warga negara Afganistan, tapi juga dikenal sebagai pesepakbola profesional di Rusia. Dia sempat bermain untuk FC Anzhi-2 Makhachkala. Dia membuat debut Russian Premier League pada tanggal 10 Juli 2010 untuk FC Anzhi Makhachkala dalam pertandingan melawan FC Lokomotiv Moscow.

Sharif adalah keturunan campuran Dagestan dan Afghanistan dan kini membela timnas Afganistan sejak 2015.(mc/min)