Berita Medan – Wakil Walikota Pematangsiantar,┬áTogar Sitorus dalam sambutan tertulis mengatakan pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikas (TIK) di Era Globalisasi ini, tidak hanya dunia industri, tapi juga pada organisasi pemerintahan yang dikenal dengan Pemerintahan-Elektronik (E-Goverment).

Hal tersebut disampaikan saat membuka Sosialisasi Perwa nomor 34 tahun 2017 tentang tata kelola TIK dalam penyelenggaraan E-Government, di gedung serba guna Bappeda, Rabu (14/2).

Lebih lanjut Wakil walikota mengatakan, dengan terlaksananya kegiatan ini akan dapat memberikan pemahaman yang sama bagi Pimpinan OPD tentang E-Government, sehingga jaringan teknologi informasi disetiap instansi dapat lebih berkembang, menurut laporan Dinas Kominfo, pembangunan infrastruktur berupa jaringan internet fiber optic dan wireless diseluruh OPD telah siap dibangun. Dengan demikian pada tahun ini pemerintah kota harus berkonsentrasi pada konten aplikasi dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Sebelum mengakhiri sambutan Wawako menyampaikan empat amanat antara lain.
1.Kepada Dinas Kominfo untuk mempercepat pembangunan infrastruktur pendukung, membangun aplikasi yang dibutuhkan seluruh OPD dan mengintegrasikan dalam sistem yang baik dan kuat pada data center.

2. Dinas Kominfo untuk mempersiapkan tim yang hebat, terdiri atas programer, network support engineer, system analyst dan data base administrator, yang akan menjadi tim reaksi cepat (TRC) untuk menangani seluruh kebutuhan TIK.

3. Seluruh OPD dalam kaitan implementasi Perwa nomor 34 tahun 2017 ini, untuk memanfaatkan jaringan dan fasilitas internet yang telah di siapkan untuk menyelesaikan tugas-tugas kedinasan, tidak semata mata untuk kepentingan pribadi. 4. Seluruh OPD untuk merawat dan memelihara serta menjaga insfrastruktur yang telah kita bangun ini dengan sebaik-baiknya.

Demikian empat amanat yang dibacakan Togar Sitorus, ditegaskannya agar seluruh pimpinan OPD dan jajarannya untuk melaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan penuh dedikasi. Dengan percepatan penerapan e-Government kota ini semakin mantap maju dan jaya,

“Ingat bahwah keseluruhan yang kita bangun ini memdapat supervisi langsung KPK RI melalui tim Korsupgah,” pungkasnya.(mc/min)