Berita Jakarta – Nilai tukar rupiah bergerak cenderung mendatar terhadap dollar Amerika Serikat (AS). Rabu (14/2), kurs tengah Bank Indonesia (BI) menunjukkan posisi terlemah rupiah pada Rp 13.657 per dollar AS.

Dalam sehari, rupiah melemah 0,09% dan melemah 0,40% dalam sepekan terakhir. Rupiah berada di posisi paling murah terhadap dollar AS sejak awal Juni 2016.

Di pasar spot pada pukul 10.35 WIB hari ini, rupiah berada di Rp 13.634 per dollar AS. Kurs ini sedikit menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan hari sebelumnya pada Rp 13.651 per dollar AS.

Penguatan rupiah di pasar spot ini sejalan dengan mata uang Asia yang seluruhnya menguat terhadap dollar AS. Jika diurutkan sejak awal tahun, rupiah mencatat kinerja terburuk ketiga di Asia, setelah peso Filipina dan won Korea. Rupiah terhitung masih melemah 0,59% sejak awal tahun terhadap dollar AS.

Sekadar mengingatkan, hari ini dan esok BI menggelar Rapat Dewan Gubernur untuk menentukan arah kebijakan. Dari faktor eksternal, AS akan merilis data inflasi nanti malam. Angka inflasi AS akan menentukan arah suku bunga acuan Federal Reserve selanjutnya.(mc/min)