KPK Masih Pertimbangkan Permohonan Justice Collaborator Novanto
Setya Novanto saat menjadi saksi di sidang kasus korupsi proyek e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta.
makobar.com – KPK Masih Pertimbangkan Permohonan Justice Collaborator Novanto

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi masih memantau perkembangan kasus Setya Novanto untuk menentukan permohonan justice collaborator (JC) yang diajukan mantan Ketua DPR RI tersebut.

“Kami akan lihat juga konsistensinya di persidangan, apa cukup kooperatif dan mengakui perbuatan. Kalau masih berbelit-belit dan tidak mengakui perbuatan, tentu saja akan menjadi faktor tidak dikabulkan JC,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Jumat, 12 Januari 2018.

Baca Juga : Setelah Puluhan Tahun Beroperasi, Akhirnya 10 Persen Saham Freeport Diserahkan ke Pemprov Papua

Oleh karena itu, menurut Febri, KPK membutuhkan waktu untuk melihat perkembangan proses persidangan bekas Ketua Umum Partai Golkar.

“Pengajuan JC kan baru dilakukan beberapa hari lalu, kami butuh waktu untuk menganalisa lebih lanjut karena posisi JC akan sangat berkonsekuensi nanti terhadap tuntutan, putusan, atau hal-hal setelah nantinya menjadi terpidana. Itu perlu kami pertimbangkan lebih lanjut,” kata Febri.

Baca Juga : MUI Sumut: Palestina Sangat Berterimakasih kepada Indonesia

Sebelumnya, Novanto resmi mengajukan sebagai justice collaborator atau saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum guna membongkar kasus e-KTP.

Kubu Novanto bahkan klaim akan membongkar dugaan keterlibatan aktor lebih besar terkait proyek senilai Rp5,9 triliun itu. (mc/min)