Cegah Peredaran Narkoba, Ini yang Dilakukan Sat Binmas Polres Pelabuhan Belawan 
Sat Binmas Polres Pelabuhan Belawan saat memberikan penyuluhan Anti Narkoba kepada karyawan dan supir Tangki Pertamina di Gedung Sebaguna PT. Pertamina TBBM Medan Group Pekan Labuhan. (Foto/Ameq)
makobar.com – Cegah Peredaran Narkoba, Ini yang Dilakukan Sat Binmas Polres Pelabuhan Belawan 

Medan – Sat Binmas Polres Pelabuhan Belawan bekerja sama dengan Polres Pelabuhan Belawan melaksanakan penyuluhan Anti Narkoba kepada karyawan dan supir Tangki Pertamina di Gedung Serbaguna PT. Pertamina TBBM Medan Group Pekan Labuhan pada Jumat (12/1/2018).

Dalam kegiatan penyuluhan Anti Narkoba tersebut karyawan maupun supir sangat antusias, hal ini terlihat dari jumlah yang hadir sangat banyak.

Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan AKP H. Justar Purba menyampaikan, penyuluhan anti narkoba ini dilakukan untuk memerangi peredaraan narkoba terhadap lapisan masyarakat, terutama dilingkungan Pertamina.

“Dengan adanya penyuluhan ini karyawan dan supir menjadi tahu tentang jenis maupun bahaya narkoba sehingga mereka akan menjauhi narkoba, serta menjadi pelopor di lingkungannya dalam pemberantasan narkoba,” ujar Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan AKP H. Justar Purba.

AKP H. Justar Purba yang menjadi narasumber menjelaskan tentang pengertian narkoba, golongan narkoba, dampak negative dalam penyalahgunaan narkoba.

“Dampak negatif yang timbul akibat penyalahgunaan narkoba terhadap lapisan masyarakat, terutama dilingkungan Pertamina diantaranya perubahan dalam sikap dan kepribadian, menjadi mudah tersinggung dan cepat marah, sering mengantuk dan malas, tidak memperdulikan kesehatan bahkan bila sudah kecanduan akan melakukan tindak pidana untuk membeli narkoba,” jelasnya.

Dikatakan dia, ‪dalam penanggulangan narkoba tidak hanya menjadi tangggung jawab polri saja tetapi tanggung jawab semua pihak, termasuk seluruh lapisan masyarakat khususnya dilingkungan Pertamina.

“Upaya yang lebih konkrit dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak berwenang untuk melakukan penyuluhan narkoba dan melakukan razia secara rutin. Yang tak kalah penting adalah dengan memberikan pendidikan moral dan keagamaan, karena salah satu penyebab terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan,” kata AKP H. Justar Purba menerangkan.

Baca Juga :

Pada kesempatan terakhir Justar Purba mengajak kepada seluruh karyawan dan supir untuk menjauhi segala jenis narkoba, sebab peran karyawan dan supir dapat menjadi garda terdepan untuk memerangi penyalahgunaan narkoba dilingkungan Pertamina.

“Diharapkan setelah dilakukan penyuluhan masyarakat dapat memahami tetang bahaya narkoba sehingga tidak terjerumus mengkonsumsi narkoba,” tutup Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan AKP H. Justar Purba. (mc/Ameq)