SEREM, Jasa Raharja Tak Berikan Santunan Kepada Korban Kecelakaan Tunggal
Ilustrasi Ansuransi Jasa Raharja
makobar.com – SEREM, Jasa Raharja Tak Berikan Santunan Kepada Korban Kecelakaan Tunggal

MEDAN – Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) tunggal di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan kerap terjadi. Namun sangat disayangkan pihak Jasa Raharja tidak menanggung korban yang mengalami kecelakaan tunggal.

Hal itu terlontar dari mulut Humas Jasa Raharja Sumut, Pahala Sitorus saat dihubungi makobar.com dari seberang telepon.

“Khusus korban kecelakaan lalu lintas (lakalantas) tunggal sesuai dengan UU Nomor 33/34 Tahun 1964 tidak berhak mendapatkan bantunan. Santunan hanya diberikan bagi korban lakalantas yang terjamin,”kata Pahala saat diminta tanggapan soal asuransi kecelakaan tunggal.

Ia menjelaskan yang dimaksud dengan UU Nomor 33 itu kecelakaan penumpang seperti, Pesawat Udara, Kereta Api, dan Kapal Laut.

Baca Juga :

Sedangkan UU Nomor 34 kecelakaan lalu lintas seperti orang yang tertabrak sepeda motor, tertabrak kereta api dan kecelakaan dua kendaraan.

“Pada dasarnya korban lakalantas tunggal adalah sama sekali tidak ada kontak dengan kendaraan lain. Artinya kecelakaan tunggal kendaraan pribadi baik mobil, sepeda motor dan lain sebagianya tidak terjamin alias tidak ter-cover,”jelas Pahala.

Pahala mencontohkan, korban saat mengendarai sepeda motor, tiba-tiba jatuh sendiri atau menabrak pohon dan pembatas jalan.

Selama ini, kata dia, masyarakat tahu bahwa setiap mengalami lakalantas mendapatkan santunan dari Jasa Raharja.

Padahal sesuai UU yang berlaku bahwa santunan hanya diberikan bagi korban yang mengalami kecelakaan yang diakibatkan oleh kendaraan lain atau bertabrakan. (mc/amek)