Warga 2 Desa di Tobasa Nikmati Listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro
Salah satu rumah warga yang mendapat aliran listrik dari PLTMH Tobasa.

makobar.comWarga 2 Desa di Tobasa Nikmati Listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro.

Jakarta – Masyarakat ‎Desa Sipagabu dan Desa Liattondung, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara, akhirnya ‎menikmati listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 130 kilo Watt (kW).

PLTM Tobasa diresmikan oleh Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana dan Ketua Komisi VIII DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Senin (4/12/2017).

PLTMH Tobasa yang berkapasitas 130 kW ini bernilai investasi sebesar Rp. 6,9 miliar dan telah tersambung dengan 293 rumah warga.

Baca juga : Idrus Marham Bantah Adanya Rapat Pleno DPP Partai Golkar

Dirjen EBTKE Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, pembangunan PLTMH ini merupakan salah satu usaha pemerintah untuk melakukan pemerataan kelistrikan.

“Ini adalah salah satu upaya pemerintah wujudkan pemerataan energi di seluruh Indonesia,” kata Rida, di Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Warga 2 Desa di Tobasa Nikmati Listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro
Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Dengan adanya pembangkit mikro hidro ini, diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

“Anak-anak bisa belajar di malam hari sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan. Selain itu, listrik bisa digunakan untuk kegiatan produktif seperti mengoperasikan mesin jahit untuk membuat kerajinan daerah,” tambah Rida.

Rida mengungkapkan, saat ini terdapat lebih dari 2.500 desa belum teraliri listrik. Untuk itu, pemerintah terus melakukan upaya menerangi desa-desa tersebut dengan menggunakan energi baru terbarukan (EBT).

Baca juga : Sejumlah Toko Ritel Modern Tutup, Kini Giliran Fashion Ritel GAP Dikabarkan Tutup

Dia pun meminta masyarakat untuk memelihara PLTMH tersebut, dengan aktif membayar iuran pemeliharaan serta menjaga lingkungan di sekitar pembangkit mikro hidro.

“Agar bisa memberi manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat,” ucap Rida.

Sekedar diketahui, yang dimaksud dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), adalah suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai atau air terjun dengan cara memanfaatkan perbedaan ketinggian tertentu (head) dan jumlah debit air.(zack)

SUMBERLiputan 6
BAGIKAN