HUT ke 147 Kab. Nias : Pemerintah dan Masyarakat Bertekad Memperjuangkan Nias Menjadi Provinsi
HUT ke 147 Kab. Nias : Pemerintah dan Masyarakat Bertekad Memperjuangkan Nias Menjadi Provinsi

makobar.comHUT ke-147 Kab. Nias : Pemerintah dan Masyarakat Bertekad Memperjuangkan Nias Menjadi Provinsi.

Nias – Pertama kalinya dalam sejarah, Pemerintah Kabupaten Nias memperingati hari jadinya ke-147 (04 Desember 1870 – 04 Desember 2017) di kompleks Perkantoran Dinas Pertanian Jalan Maduma, Hiliweto, Gido, Senin (04/12/2017)

Perayaan ini terasa semakin istimewa dengan kehadiran Putra Terbaik Kepualaun Nias, Menkumham Yasona H. Laoly dan Ketua Umum BPP-PKN (Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias) Mayjen (Purn) Christian Zebua,

Turut hadir Anggota DPR RI Marinus Gea, Koordinator Forkada se-kepulauan Nias Lakhomizaro Zebua, Kepala Daerah se-Kepulauan Nias, Forkopimda se-Kepualaun Nias, Ketua dan Anggota DPRD, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Nias serta masyarakat Kepulauan Nias.

Baca juga : Peringati Hari Jadi Ke-147, Pemkab Nias Gelar Festival Pesona Bahari

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini umur Kabupaten Nias sudah 147 tahun dan merupakan cikal bakal terbentuknya 4 Kabupaten dan 1 Kota di Kepulauan Nias.

“Sejarah mencatat, 147 tahun yang lalu tepatnya tanggal 4 Desember 1870, J.F.A de ROOIJ dikukuhkan sebagai kotroler pertama di wilayah Kepulauan Nias dengan Luitenant Der Chinezen bernama So Ghie. Peristiwa ini menjadi tonggak sejarah berdirinya pemerintahan di Kepulauan Nias yang dikenal dengan Kabupaten Nias dan menjadi cikal bakal terbentuknya empat (4) Kabupaten dan satu (1) Kota di Kepulauan Nias,” jelas Sokhiatulo Laoli.

Sokhiatulo Laoli juga menceritakan bahwa setelah melalui beberapa kajian secara akademis dan analisa sejarah dan budaya serta sejarah pemerintahan di Nias, oleh Pemerintah Kabupaten Nias bersama Panitia Khusus di DPRD Nias serta pembinaan dan klarifikasi oleh Gubernur Sumatera Utara, maka ditetapkan Hari Jadi Kabupaten Nias yaitu pada tanggal 04 Desember 1870 sebagaimana tertuang dalam Perda Kabupaten Nias No. 2 Tahun 2017 tentang Hari Jadi Kabupaten Nias.

Baca juga : PPK se-Kabupaten Nias Ikuti Bimtek Tahapan Pelaksanaan Pilgubsu 2018

“Peringatan hari jadi Kabupaten Nias ke-147 tahun 2017 ini merupakan perayaan yang pertama kali dilaksanakan. Sehingga moment ini mengandung makna yang sangat mendalam dan patut diperingati oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Nias dengan sukacita,” kata Sokhiatulo Laoli.

Sementara itu, Koordinator Forkada (Forum Kepala Daerah) se-Kepulauan Nias yang juga selaku Walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua, dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya akan usia Kabupaten Nias yang lebih tua dari Pemerintah Republik Indonesia.

“Diusianya yang cukup tua, Kabupaten Nias telah melahirkan 4 (empat) Kabupaten dan 1 Kota, maka dari itu selaku pimpinan Forkada atas nama masyarakat dari ke-empat kabupaten/kota, bertekad membangun Kepulauan Nias agar sejajar dengan daerah lain di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera,” kata Lakhomizaro..

Lakhomizaro juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Nias untuk secara bersama-sama memperjuangkan satu cita-cita besar, yaitu Memperjuangkan Kepulauan Nias menjadi Provinsi.

Baca juga : Pemprovsu Beri Peluang Kepada Tiongkok Untuk Investasi di Nias

Peringatan hari jadi Kabupaten Nias juga ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Bupati Nias dan pelepasan balon serta burung merpati oleh Menkumham Yasonna Laoly.

Sebelumnya, peringatan hari jadi Kabupaten Nias ke-147 tahun 2017 juga di isi dengan  Festival Pesona Bahari yang berlangsung pada tanggal 1 – 3 Desember 2017 di Pantai Bozihona kawasan wisata Soziona, Tagaule, Onolimbu.

Puncak peringatan hari jadi Kabupaten Nias ke 147 dengan menggelar pesta rakyat yang dimeriahkan oleh artis-artis ibu kota Jakarta.(M4)