Jokowi Ajukan KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto Jadi Calon Tunggal Panglima TNI
KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto

makobar.comJokowi Ajukan KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto Jadi Calon Tunggal Panglima TNI.

Jakarta – Nama KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto diajukan Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI.

Mensesneg Pratikno menyerahkan nama calon Panglima TNI usulan Presiden Joko Widodo ke DPR. KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto diajukan sebagai calon tunggal pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo.

“Saya menerima Mensesneg Pratikno, yang menyampaikan surat dari Presiden tentang rencana pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo,” ujar Wakil Ketua DPR Fadli Zon setelah menerima Pratikno di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/12/2017).

Baca juga : Polisi Selidiki Kebenaran Kabar Kematian Petinggi ISIS Asal Indonesia, Bahrun Naim

“Pergantian kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru. Hanya satu nama (tunggal) yang tadi disampaikan,” imbuhnya.

Pimpinan DPR, menurut Fadli, akan langsung menggelar rapat bersama pimpinan fraksi. Rapat Badan Musyawarah akan digelar siang nanti.

“Surat saya terima dan juga diserahkan langsung kepada Plt Sekjen DPR Ibu Damayanti untuk segera diproses. Hari ini kita rapim nanti siang rencananya dan Bamus karena ada beberapa agenda juga,” jelas Fadli.

Seperti diketahui, Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Presiden Jokowi mengirimkan nama calon pengganti Jenderal Gatot sebagai Panglima TNI untuk diuji oleh DPR.

“Ya nanti sajalah, (tanya pada) Pak Fadli,” ucap Pratikno saat tiba di DPR, pagi ini.

Hadi adalah perwira tinggi lulusan Akademi Angkatan Udara pada 1986. Dia kemudian menyelesaikan Sekolah Penerbang TNI AU pada 1987.

Pada 2010-2011, Hadi menjabat Komandan Lanud Adi Soemarmo, Solo. Saat itu, Wali Kota Solo dijabat oleh Jokowi, yang kini menjadi Presiden RI ke-7.

Pada 2013, dia ditugaskan menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI AU. Dua tahun kemudian, yakni 2015, Hadi dipercaya menjadi Komandan Lanud Abdulrachman Saleh.

Baca juga : Jokowi Bangga Dengan Kemajuan Proyek PLTB Pertama di Indonesia

Tak sampai setahun menjadi Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Hadi didapuk sebagai Sekretaris Militer Presiden.

Dalam waktu tiga tahun, Hadi tercatat dua kali mendapat promosi. Pada Rabu, 18 Januari 2017, Hadi dilantik menjadi KSAU dengan 4 bintang di pundak dan pangkat marsekal.

Kedekatan Marsekal Hadi dengan Jokowi bukan cuma soal jabatan.

Ada cerita soal sigapnya Hadi menangkap kode Jokowi ketika pemberian nama pesawat Nurtanio. Presiden Jokowi melihat sang anak muntah dan lemas saat dia berpidato.

Dia langsung memberi kode kepada para ajudannya. Namun dengan sigap, justru Hadi yang maju ke depan dan membantu anak perempuan itu.(zack)