Abdul Aziz (kiri)

makobar.comBMKG Siap Informasikan Cuaca Terkait Event Sail Sabang.

Medan – Kepala stasiun BMKG maritim Belawan Abdul Aziz saat dihubungi awak media, Rabu (29/11/2017). Memprediksi kondisi cuaca di perairan Banda Aceh, Sabang, akan terjadi hujan dengan intesitas sedang. Pelayanan cuaca ini adalah wujud dari kesiapan BMKG untuk menyampaikan kondisi cuaca terkini terkait event Sail Sabang.

Dalam event Sail Sabang yang puncaknya tanggal 2 Desember 2017 tersebut yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi, Stasiun Meteorologi Maritim Belawan sangat intens menyampaikan kondisi cuaca diwilayah kerjanya.

Abdul Aziz menyampaikan bahwa di Selat Malaka bagian Utara, Sabang, Banda Aceh akan diprediksi hujan serta tinggi gelombang berkisar pada 0.75 hingga 3 meter. Arah dan kecepatan angin juga berkisar pada 8 sampai 30 knot arah angin barat hingga barat laut.

Tinggi Gelombang
Tinggi Gelombang
Baca Juga : 

Dalam event Sail Sabang, Aziz menuturkan pihaknya akan berkoordinasi dan berkontribusi dengan BMKG Aceh dan stasiun Meteorologi Sabang untuk menyampaikan layanan cuaca.Mereka telah memasang peralatan display dan automatic weather station dititik lokasi tempat perhelatan berlangsung.

Terkait prediksi hujan, perkirakan cuaca sampai Jumat tanggal 1 Desember dengan intesitas sedang serta lebat. Hal ini terjadi karena ada pusaran angin atau bisa menjadi daerah tekanan rendah diperairan timur laut Aceh yang berdekatan dengan Malaysia. Alat pemantau cuaca otomatis saat ini sudah terpasang dilokasi puncak pembukaan event Sail Sabang tepatnya di pelabuhan Dermaga CT-3. (mc/min)