makobar.com – Angka Pengangguran Masih Tinggi, Disnaker Gelar Job Fair

MEDAN – Tingginya angka pengangguran di Sumatera Utara, membuat Dinas Ketenagakerjaan Sumut tergerak untuk menggelar even yang menguntungkan bagi para pencari kerja.

Dinas Ketenagakerjaan membuka Job Fair yang akan digelar pada 5-6 Desember 2017 mendatang di Lanud Soewondo yang berada di Jalan Imam Bonjol, Kota Meda, Sumatera Utara, Indonesia.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, per Februari 2017, ada 430 ribu pengangguran terbuka di provinsi ini.

Pelaksana Tugas Kadisnaker Sumut, Fransisco Bangun mengatakan masalah pengangguran bukan hanya tugas pemerintah, tapi juga termasuk masalah perusahaan, dan pihak lainnya.

Baca Juga:

“Untuk mengurangi tingkat pengangguran yang relatif besar, sehingga kita akan adakan even tersebut,”katanya, Rabu (29/11/2019).

Dijelaskan, acara job fair nanti akan menjadi terbesar yang pernah digelar di Sumut bahkan bisa jadi yang terbesar di seluruh Indonesia, karena diharapkan akan diikuti sebanyak 500 perusahaan dari berbagai sektor baik industri, jasa, lembaga keuangan, dan sebagainya.

“Kita dapat informasi dari kementerian, jumlah terbesar digelar dalam sebuah job fair di Indonesia yakni diikuti 220 perusahaan yang digelar di Kemayoran, Jakarta, baru-baru ini. Sehingga bisa jadi job fair yang akan kita adakan nanti menjadi yang terbesar se-Indonesia,”ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bagi perusahaan yang ingin mengikuti ini job fair ini dapat menghubungi atau mendatangi Disnaker Sumut karena tempat standnya digratiskan.

“Bahkan jika selama ini setiap ada job fair kita biasanya bayar, namun dalam job fair yang kita adakan nanti para calon pencari kerja tidak akan membayar tiket alias gratis. Itu sudah menjadi komitmen dari bapak gubernur,”katanya.

Ketika disinggung perihal anggaran terkait penyelenggaraan ini, ia menyebutkan anggaran berasal dari APBD. Namun Frans menjelaskan dana itu hanya untuk menampung stan 200 perusahaan saja.

“Tapi karena diharapkan akan diikuti 500 perusahaan maka kami mencari donatur namun bukan dalam bentuk uang. Bagi mereka yang ingin membantu menyukseskan acara ini nanti dapat membantu berupa tenda, kursi, makanan, dan sebagainya. Silahkan membantu asal bukan uang,” ujarnya. (mc/str)