Kawasan Sinai Utara. Serangan teror di sebuah mesjid saat salat Jumat menewaskan 54 orang, Jumat (24/11) (Reuters/Ibraheem Abu Mustafa)
Kawasan Sinai Utara. Serangan teror di sebuah mesjid saat salat Jumat menewaskan 54 orang, Jumat (24/11) (Reuters/Ibraheem Abu Mustafa)
makobar.com – Serangan Teror Usai Salat Jumat, 155 Jemaah Tewas di Mesir

KAIRO – Sedikitnya 155 orang tewas akibat ledakan bom dan serangan bersenjata di sebuah masjid di Sinai, Mesir. Para pelaku teror meledakan dan melepaskan tembakan ke arah jemaah yang baru menunaikan ibadah salat Jumat.

“Para pelaku menembaki orang-orang saat mereka meninggalkan masjid,” tutur seorang warga setempat yang kerabatnya ada di lokasi kejadian.

Sampai Saat ini belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini, Namun diketahui bahwa selama tiga tahun terakhir, militer Mesir terus bertempur melawan militan lokal di Sinai yang melakukan rentetan serangan hingga menewaskan ratusan polisi dan tentara.

Dari Kantor berita Reuters melaporkan, ambulans melarikan para korban dari lokasi kejadian ke rumah-rumah sakit terdekat setelah serangan di Mesjid Al Rawdah, Bir Al-Abed, 40 kilometer sebelah barat Kota Arish. Menurut laporan kantor berita MENA, sedikitnya 80 jemaah luka-luka. Televisi pemerintah melaporkan 155 jemaah tewas.

Televisi pemerintah melaporkan Presiden Abdel Fattah al-Sisi menggelar sidang darurat tak lama setelah serangan.

Aparat keamanan Mesir memerangi pemberontakan ISIS di Sinai Utara, di mana milisi telah menewaskan ratusan polisi dan tentara. Pertempuran di kawasan itu terus meningkat selama tiga tahunt erakhir.

Milisi umumnya membidik aparat keamanan dalam serangan. Belakangan mereka memperluas serangan dengan membidik gereja dan jemaah Kristen di Mesir. (mc/min)