Bareskrim Tangkap Pelaku Perdagangan 18 Orang ke Malaysia
Bareskrim Tangkap Pelaku Perdagangan 18 Orang ke Malaysia

makobar.com – Bareskrim Tangkap Pelaku Perdagangan 18 Orang ke Malaysia

Jakarta – Subdit Tindak Pidana Perdagangan Orang Direktorat Tindak Pidana Umum .Bareskrim menangkap tersangka penyalur TKI ilegal ke Malaysia. Tercatat, ada 18 orang yang menjadi korban.

Kasubdit III Dittipidum Bareskrim Kombes Ferdi Sambo mengatakan tersangka bernama Maslaah itu ditangkap di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/11/2017). Tersangka akan dibawa ke Jakarta malam ini.

Baca juga : Gibran Jadi Incaran Selfie Tamu Acara Adat Kahiyang-Bobby

Sejumlah barang bukti diamankan dari tersangka, seperti ponsel, buku catatan TKI, serta 2 buku tabungan dan 2 ATM. “Ditangkap hari ini di Surabaya,” kata Ferdi

Dalam aksinya, kata Ferdi, tersangka merekrut 18 orang melalui masing-masing sponsor dari Lombok, Yogyakarta, dan Sukabumi. Para korban kemudian diserahkan ke tersangka di Condet, Jakarta Timur.

“Kemudian oleh tersangka para korban dibawa ke Pasuruan untuk ditampung sementara menunggu tiket, ” ujarnya.

Baca juga : Kasus Viktor Laiskodat Ujian Netralitas Polri Jelang Pemilu 2019

Selanjutnya, para korban diberangkatkan ke Kuala Lumpur melalui Bandara Juanda, Surabaya. Setelah tiba di Kuala Lumpur, para korban diamankan oleh pihak Imigrasi Kuala Lumpur, lalu diserahkan ke KBRI di Malaysia.

“Kemudian 18 korban dipulangkan dari Malaysia pada tanggal 6 Mei 2017,” tuturnya.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 4 UU No 21 Tahun 2007 tentang TPPO dan/atau Pasal 102 ayat 1 huruf a UU No 39 Tahun 2004 tentang PPTKILN.