Kapal Angkatan Laut Inggris, HMS Somerset, membayangi kapal perang Rusia, Vice Admiral Kulakov di Moray Firth. Foto/Mirror
Kapal Angkatan Laut Inggris, HMS Somerset, membayangi kapal perang Rusia, Vice Admiral Kulakov di Moray Firth. Foto/Mirror

makobar.com – Angkatan Laut Militer Kerajaan Inggris siaga tinggi setelah sebuah kapal perang Rusia terdeteksi berada di lepas pantai Skotlandia.

Kapal Inggris menggunakan peralatan sonar mutakhir untuk mencari dan membayangi kapal perang Rusia tipe destroyer, Vice Admiral Kulakov, dan sebuah kapal tanker. Kapal Angkatan Laut Inggris, HMS Somerset berhasil menemukan kapal perang Moskow tersebut dan mengawalnya keluar dari perairan Inggris.

Baca Juga : Kapal Perang AS, Jenis Perusak Tabrakan Dengan Kapal Kapal Jepang

Kapal Vice Admiral Kulakov dilaporkan muncul di Moray Firth pada hari Sabtu pekan lalu. Kapal perang itu mengantar kapal tanker melalui perairan Inggris dan sepanjang pantai Norwegia.

“Seperti semua kapal Angkatan Laut Kerajaan yang beroperasi di perairan Inggris, HMS Somerset berada dalam keadaan siaga tinggi untuk menghadapi tugas keamanan maritim seperti ini,” kata Timothy Berry, seorang perwira dari Kapal HMS Somerset.

”Pemantauan transit kapal perang non-NATO melalui perairan teritorial Inggris adalah bagian dari apa yang dilakukan Angkatan Laut Kerajaan sepanjang tahun untuk menjaga keamanan Inggris,” lanjut Berry.

Baca Juga : Tiga Kapal Induk AS Latihan Perang Bersama, di Pasifik

”Kami sekarang melanjutkan tugas awal kami setelah melihat kapal-kapal Rusia dengan selamat melewati area kepentingan Inggris,” imbuh dia, seperti dikutip Mirror, Selasa (21/11/2017).

Vice Admiral Kulakov adalah kapal destroyer Udaloy-class Rusia. Kapal perang tersebut diyakini telah kembali dari penempatannya di Laut Tengah. (Mc/min)