KAHMI Bisa Ambil Bagian Dalam Era Digitalisasi Memajukan Indonesia
KAHMI Bisa Ambil Bagian Dalam Era Digitalisasi Memajukan Indonesia

makobar.com – Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha KAHMI (Hipka) Kamrussamad, percaya diri bahwa KAHMI dapat beradaptasi dalam era digitalisasi saat ini.

Salah satunya, lewat kemitraan dengan elemen seperti Asosiasi industri kreatif.

Selama ini KAHMI hanya mengandalkan tiga pengabdian utama. Seperti dibidang akademisi, birokrasi dan politik.

Melalui Munas KAHMI Kamarussamad coba menawarkan konsep keempat pilar pengabdian KAHMI yaitu di bidang Enterpreneur.

Baca Juga : Sandiaga Uno Bercanda Tentang Tiang Listrik yang Jadi Korban

“Kemitraan dengan komunitas berbasis industri kreatif menjadi penting terutama juga agar produk wirausaha KAHMI dapat ikut terpasarkan dengan baik,” ujar Kamrussamad, di sela Munas ke-10 KAHMI, di Medan.

Pernyataan Kamrussamad mengamini ajakan Presiden Joko Widodo saat membuka Musyawarah Nasional ke-10 KAHMI, di Medan, Jumat (17/11).

Presiden Jokowi mengatakan, Kita harus bisa mengikuti perkembangan di era digitalisasi yang semua serba cepat saat ini.

“KAHMI bersinergilah dengan pemerintah untuk menjawab tantangan ke depan. Saat ini dunia cepat berubah sehingga kita harus cepat pula mengimbanginya,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden juga menegaskan, untuk menggaet investasi tidak selalu berfokus ke negara Barat.

Baca Juga : Setya Novanto Dipindahkan dari RSCM ke Rutan KPK Menggunakan Kursi Roda

Investasi dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Indonesia bisa mengajak negara-negara seperti Ini Emirat Arab, Qatar, dan Arab Saudi untuk berinvestasi di Indonesia.

Menurut Kamrussamad, apa yang dikemukakan Presiden sudah tepat. Karena itu, selain bersinergi, KAHMI juga perlu melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia lewat riset dan pelatihan.

“Sedangkan KAHMI yang di bidang hukum bisnis bisa berkontribusi terkait regulasi era digitalisasi saat ini seperti menyumbang aturan soal fintech,” tuturnya.

“Yang jelas kita sebagai KAHMI menilai bidang Enterpreneur bisa menjadi sebuah solusi bagi alumni untuk masa depan kehidupan yang lebih baik. Sehingga Alumni HMI tidak lagi berfikir mencari lapangan kerja, tetapi menjadi pencipta lapangan kerja,” pungkas Kamrussamad.(mc/str)