Kapal induk USS Ronald Reagan milik AS saat merapat ke perairan Hong Kong pada Oktober 2017.(Anthony Wallace / AFP via CNN)
Kapal induk USS Ronald Reagan milik AS saat merapat ke perairan Hong Kong pada Oktober 2017.(Anthony Wallace / AFP via CNN)

makobar.com – Kedatangan Presiden AS Donald Trump ke Korea Selatan ternyata dikawal armada tempur yang besar.

Di hari kedatangan Trump ke Seoul, Selasa (7/11/2017), sebanyak tiga kapal induk AS, yang disertai penghancur rudal kendali dan kapal selam.

Baca Juga : Rudal Siap Diluncurkan, Kim Jong-un Mendapat Julukan “Rocket man”

Armada tersebut akan melakukan sebuah simulasi pertempuran di perairan Pasifik. Demikian pernyataan angkatan laut AS.

Dikutip dari CNN, latihan tersebut kemungkinan menjadi ajang unjuk kekuatan oleh AS dan bisa dilihat oleh Korea Utara sebagai sebuah provokasi langsung.

Ketiga kapal induk AS tersebut yakni USS NImitz, USS Ronald Reagan dan USS Theodore Roosevelt.

Mereka akan melakukan latihan bersama angkatan laut Australia dan Korea Selatan untuk mensimulasikan pencegatan bahan nuklir yang dikirimkan untuk Korea Utara.

Sebelum ke Korea Selatan, Trump sudah lebih dulu berkunjung ke Jepang untuk bertemu dengan Perdana Menteri Shinzo Abe dan juga Kaisar Akihito.

Di Seoul, Trump akan bertemu dengan Presiden Moon Jae-in serta mengunjungi pangkalan militer AS di Korea Selatan.

Baca Juga : Pejabat Intelijen AS Sebut Kim Jong Un Tak Gila, Bahkan Amat Rasional

Korea Selatan sebagai sekutu AS menjadi sejak kedua negara bersama-sama bertempur dalam Perang Korea awal 1950-an telah tempat bagi puluhan ribu tentara AS.

Dengan adanya kekuatan besar militer AS di Korea Selatan, menjadikan kedua negara kerap melakukan latihan militer bersama sejak berakhirnya perang di Semenanjung Korea pada 1953. (mc/min)

Jadilah yang Pertama