makobar.com – Ketua Dekranasda Kota Medan, Hj Rita Maharani (istri Walikota Medan Dzulmi Eldin) membuka Pelatihan Kerajinan Batik Medan, diselenggarakan Dinas Koperasi UKM Kota Medan, Jumat (8/9/2017) di Maharani Galery Batik dan Songket, Jalan Sei Bekala, Taman Gajah Mada Medan.

Selaku Pembina UKM Kota Medan, Rita Maharani berharap pelatihan membatik yang berlangsung tanggal 8 – 12 September 2017 ini, dapat melahirkan pengrajin-pengrajin Batik Medan yang semakin kreatif dan potensial untuk mendukung dan menyokong program ekonomi kerakyatan di Kota Medan.

“Saya mendukung kegiatan pelatihan Batik Medan seperti ini. Saya pernah membuka pelatihan serupa beberapa bulan lalu, dan kagum melihat animo masyarakat Kota Medan untuk membatik semakin tinggi,” kata Rita Maharani, seraya mengajak, sebagai sesama ibu rumah tangga tidak ragu membatik, karena menjadi pengrajin Batik Medan nantinya bisa membantu suami dalam menyokong perekonomian keluarga.

Ketua TP PKK Kota Medan menginginkan warga Kota Medan, terlebih perempuan untuk semakin berdaya guna dalam mendukung perekonomian keluarga. Disisi lain, menjadi pengrajin Batik Medan, pastinya akan mendukung program ekonomi kerakyatan yang dicanangkan pemerintah.

“Alhamdulilah, dengan kerja keras, sampai saat ini telah berhasil mempromosikan Batik Medan ke luar daerah baik di dalam negeri hingga ke luar negeri,” ucap Hj Rita.

Sebelumnya, Kadis Koperasi UKM Kota Medan Emilia Lubis menjelaskan, pelatihan membatik ini berlangsung selama 5 hari dan diikuti 30 peserta yang berasal dari 6 Kecamatan di Kota Medan, yakni Kecamatan Medan Belawan, Labuhan, Marelan, Deli, Sunggal dan Helvetia. Materi yang disajikan dalam pelatihan, akan dikombinasikan antara materi teoritis yang akan dipadukan dengan praktek langsung.(cu)