makobar.com – Seorang Balita berusia 1 tahun 4 bulan menderita Gizi Buruk di Nias Utara, Sumatera Utara. Kondisi bocah tersebut sangat memprihatinkan. Badannya terlihat sangat kurus hanya nampak tulang belulang. Penderitaan bocah bernama Rival Melkalis Laoli asal Desa Afia Kecamatan Lahewa Nias Utara itu sempat viral di Medsos.

Menurut pihak keluarga, kondisi bocah penderita gizi buruk ini telah berlangsung sejak 7 bulan yang lalu. Sat ini Melkalis Laoli hanya memiliki bobot seberat 3,2 Kilogram yang sangat berbeda dengan kondisi normal anak seusia dia.

Baca juga : Peringati Hari Anak Nasional, Ini Kata Walikota Medan

Rival Melkalis Laoli sebelumnya sudah pernah dibawa ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan namun pihak Puskesmas tidak mampu dan akhirnya di bawa ke Rumah Sakit Umum.

Ibu dari Rival Melkalis Laoli, Enili Baeha menceritakan bahwa awal penyakit anaknya itu berawal dari umur tujuh bulan, aku kasih makan terus, tapi bukan semakin berkembang malahan semakin drop.

Tim Medis Rumah Sakit Umum berupaya melakukan penanganan terhadap kondisi pasien dengan memberikan pertolongan pertama selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan darah ke Laboratorium.

Baca juga : Masyarakat Peduli Kepulauan Nias Minta Bupati Nias di Adili‬‪

Dokter Anak Dewi Mailani Pasaribu mengemukakan tadi setelah kami analisa, saya melihat ada masalah dalam hal pengetahuan orang tua terhadap pemberian nutrisi dan lainnya sehingga membuat pasien menderita gizi buruk.

“Ketidaktahuan pihak keluarga terhadap makanan bergizi bagi balita menjadi fakor penyebab pasien menderita gizi buruk,” kata Dewi.

Keluarga Rival Melkalis Laoli, Balita penderita gizi buruk berharap bantuan dari Pemerintah dan Dermawan untuk biaya pengobatan Rival Melkalis Laoli agar terlepas dari penyakit gizi buruk dan dapat hidup normal seperti anak-anak lainnya.(cu)